Rekam Data, Disdukcapil Sanggau Optimis Target Tercapai

Sanggau

Editor sutan Dibaca : 645

Rekam Data, Disdukcapil Sanggau Optimis Target Tercapai
Ilustrasi
SANGGAU, SP – Sekitar 70 persen Warga Kabupaten Sanggau sudah melakukan perekaman e-KTP. Persentase itu masih di bawah target nasional sebesar 77,5 persen pada 2016. Sedangkan hingga 2019, target nasional mencapai 85 persen. 

Masalah dana menjadi hambatan utama. Pasalnya di awal tahun 2016, Disdukcapil tak diperkenankan menggunakan Dana Alokasi Umum (DAU) untuk dana operasional. 

“Kita baru dibolehkan menggunakan DAU pada APBD Perubahan 2016 kemarin. Jadi, kita baru bisa menggunakannya pada Oktober, November dan Desember,” kata Zawawi, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) Kabupaten Sanggau. 

Zawawi mengungkapkan kini pihaknya tancap gas, membentuk tim melakukan jemput bola. Apalagi,  bupati ketika di Desa Semongan memerintahkan langsung kepada Disdukcapil melakukan pelayanan langsung sampai ke dusun-dusun. 

Zawawi  yakin pada 2017 perekaman e-KTP di Kabupaten Sanggau mampu mencapai angka 90 persen. 

Untuk mempermudah, pelayanan e-KTP dibagi tiga zona, yakni Kapuas, Entikong dan Tayan

Selain itu, warga Kabupaten Sanggau yang sudah melakukan perekaman data masih harus menunggu hingga tahun depan untuk mendapatkan fisik e-KTP. 

"Untuk sementara masyarakat bisa menggunakan surat keterangan sudah rekam e-KTP dari Kadisdukcapil untuk mengurus persyaratan administrasi,  semisal  SIM, BPJS, maupun untuk ikut memilih di Pilkada," ujarnya. (pul/ind)

Baca Juga:
Ketika PDAM Dikritik, Begini Respon Paolus Hadi
Polres Sanggau Ungkap Praktik Penerbitan Ijasah Palsu
Perubahan SOPD, Desember 2016 Dilakukan Mutasi SKPD Sanggau  
Dijaga Polisi, Tiga Terdakwa Pembunuh Anisa Divonis Berbeda