M. Th. Djaman Diabadikan Jadi Nama RSUD di Sanggau

Sanggau

Editor sutan Dibaca : 779

M. Th. Djaman Diabadikan Jadi Nama RSUD di Sanggau
POTONG PITA- Arita Apolina, istri Bupati Sanggau Paulus Hadi sedang memotong pita pada peresmian nama RSUD, Senin (19/12). (SP/ Saipul)
SANGGAU, SP – Nama almarhum M. Th. Djaman resmi disematkan untuk nama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sanggau. Djaman adalah Bupati Sanggau periode 1959-1967. 

Bupati Sanggau Paulus Hadi  menyampaikan terimakasih atas dukungan keluarga M. Th. Djaman,  yang telah merestui penggunaan nama untuk rumah sakit ini.  Ia juga mengingatkan kepada semua untuk selalu  menjaga nama baik M. Th. Djaman dengan memberikan pelayanan yang prima. 

“Tidak mungkin rasanya RSUD M. Th. Djaman ini bisa terwujud tanpa restu ahli waris, sehingga wajar tadi perwakilan ahli waris meminta kepada kita jangan hanya nama yang dipakai, tapi pelayanan tidak prima sehingga membuat jelek nama keluarga mereka,” ujar Paulus.

Paulus mengatakan, dengan adanya Perda Sanggau Nomor 5 Tahun 2015 tentang Pedoman Pemberian Nama Jalan dan Fasilitas Umum, maka seluruh fasilitas umum perlu diberi nama, termasuk nama-nama jalan. 

“Beliau dulunya adalah Bupati Sanggau, beliau juga berjuang agar rumah sakit ini punya tempat. Makanya layak diberikan penghargaan untuk nama RSUD ini,” terangnya.

Sementara,  Direktur RSUD M. Th. Djaman, Edy Suprabowo menjelaskan, sejak RSUD Sanggau berdiri memang belum memiliki nama. Sebagai sebuah fasilitas umum dan untuk menunjukan identitas, sudah selayaknya ada nama yang dapat mencerminkan ciri dan karakteristik daerah. 

Untuk itulah pada 4 Mei 2016 melalui Surat Keputusan Bupati Nomor 254 Tahun 2016 tentang Penetapan Nama RSUD Sanggau, nama M. Th. Djaman dipiih.

Edy menambahkan, belum lama ini RSUD juga telah disurvei oleh tim survei dari Kemenkes RI untuk penilaian sesuai dengan ajuan dan dinyatakan lulus akreditasi.

”Ditargetkan 2018 kita sudah lulus untuk akreditasi bintang lima dan 2019 kita sudah bisa merubah status kelas B,” pungkasnya. (pul/ind)