Warga Berharap Dewan Lahirkan Perda Berkualitas

Sanggau

Editor Kiwi Dibaca : 431

Warga Berharap Dewan Lahirkan Perda Berkualitas
Kantor DPRD Kabupaten Sanggau
SANGGAU, SP - Pembahasan empat Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) inisiatif DPRD Sanggau terus bergulir. Mengingat pentingnya sejumlah produk hukum itu, sejumlah warga pun  bersuara.

Keempat Raperda itu yakni Pelayanan Publik, Ketahanan Pangan, Penyelenggara Penanggulangan Bencana dan Penanggulangan Kemiskinan.
Yosep (29), warga Sanggau berharap, pembahasan raperda itu dilakukan dengan teliti dan melibatkan banyak pihak, termasuk masyarakat. Hal itu penting agar Perda itu nantinya benar-benar bermanfaat bagi masyarakat,” ucapnya, kemarin.

Ketika perda itu nantinya bermanfaat besar dan menjadi pemecah persoalan yang selama ini dihadapi masyarakat, menurut dia, itu artinya perda yang dilahirkan para wakil rakyat itu berkualitas. Untuk itu, menurut Yosep, tahapan public hearing dalam proses pembahasan Raperda harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dengan tidak hanya melibatkan SKPD terkait, tapi juga lembaga masyarakat yang terkait dengan judul Raperda.

Sementara itu, warga lainnya, Bambang Heriadi (37) mengingatkan, jangan sampai Raperda itu copy paste.
“Mungkin di daerah lainnya sudah lebih dulu ada produk hukum, Perda tentang Ketahanan Pangan misalnya. Nah, jangan sampai copy paste.

Karena kondisi atau persoalan yang dihadapi daerah satu dengan yang lainnya jelas berbeda,” katanya.
Kemudian, lanjut Bambang, ketika Raperda tersebut sudah disahkan menjadi Perda, harus disosialisasikan ke masyarakat. Apalagi empat raperda yang tengah dibahas itu sangat menyentuh langsung masyarakat.

“Jangan sampai masyarakat tidak paham bahkan tidak tahu keberadaan Perda yang ada. Kalau tidak disosialisasikan lalu untuk apa suatu produk hukum daerah itu dibuat,” pungkasnya. (jul
/bah)