Langganan SP 2

Paolus Hadi Ajak Warga Hidup Sehat

Sanggau

Editor Kiwi Dibaca : 228

Paolus Hadi Ajak Warga Hidup Sehat
Paolus Hadi
SANGGAU, SP – Bupati Sanggau, Paolus Hadi mengajak warganya untuk hidup sehat agar tidak mengeluarkan biaya tambahan untuk pengobatan yang cenderung meningkat dari tahun ke tahun.
   
"Bagaimana masyarakat bisa hidup sehat sehingga tidak banyak orang sakit. Kesehatan itu mahal harganya. Nah, ini jelas perlu partisipasi masyarakat, tidak semata-mata hanya urusan Dinas Kesehatan dan Pemkab Sanggau," ungkap Hadi saat meresmikan Puskesmas di Kecamatan Kembayan, baru-baru ini.
   
Untuk itu, masyarakat diminta agar selalu menjaga kesehatan dengan pola makan yang teratur dan sehat serta selalu berolahraga.
  
"Tapi tak mungkin juga masyarakat sehat semua, tidak ada orang sakit sama sekali sehingga Puskesmas ini pasiennya kosong," ujarnya.
   
Pelayanan sebuah Puskesmas harus yang terbaik dan sesuai standar, terakreditasi agar dapat membuat masyarakat nyaman.
  
"Ini juga upaya kita guna mendukung untuk perwujudan Sanggau Sehat dengan indikatornya masyarakatnya yang sehat," ujarnya.
  
PH, sapaan akrabnya, menambahkan, dengan fasilitas rawat inap puskesmas yang terbatas, tidak lantas dianggap tidak cukup melayani pasien. Untuk itu, pola dan cara berpikir harus diubah.
 

 "Artinya masyarakat Kembayan sehat. Sebaliknya, jika fasilitas tidak cukup artinya banyak masyarakat yang kurang sehat. Dan saya tahu fasilitas Puskesmas ini belum lengkap, termasuk rawat inapnya masih terbatas. Setidaknya bisa menolong pasien di Kembayan tanpa harus jauh-jauh merujuk ke Sanggau," ujarnya.


Ke depan, Puskesmas ini akan dilengkapi fasilitas pendukung lainnya. "Saya minta kepada Dinas PU (Pekerjaan Umum) agar memprioritaskan pembenahan jalan menuju ke Puskesmas agar pertolongan untuk pasien bisa lancar dan tak ada halangan," tuturnya. PH mengimbau pihak Puskesmas agar tetap menjaga bangunan dan kebersihannya serta memberi suasana yang nyaman.   

   "Kebersihan serta kenyamanan suasana itu mempengaruhi mood atau semangat seseorang pasien dan bisa memberikan sugesti dalam kesembuhan mereka," ujarnya. Sebagai komitmen Pemkab Sanggau, pada 2017 ini akan membangun tempat pelayanan kesehatan di Entikong dan Sekayam.

"Dana APBD Sanggau tidak banyak, dan butuh pengajuan bantuan ke pemerintah pusat," pungkasnya. (ant/bah)