Tindak Lanjut Rekomendasi BPK Ditunggu

Sanggau

Editor Kiwi Dibaca : 386

Tindak Lanjut Rekomendasi BPK Ditunggu
KANTOR DPRD – Kantor DPRD Kabupaten Sanggau tampak berdiri megah. Masyarakat berharap anggota DPRD Kabupaten Sanggau mempertanyakan tindak lanjut rekomendasi LHP BPK RI Perwakilan Kalbar terhadap laporan keuangan Pemkab Sanggau tahun anggaran 2016.
SANGGAU, SP – Mantan anggota DPRD Kabupaten Sanggau, Ignatius Dibas meminta Bupati Sanggau, Paolus Hadi serius menindaklanjuti rekomendasi dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Kalbar terhadap laporan keuangan Pemkab Sanggau tahun anggaran 2016.  

“Temuan-temuan dalam LHP BPK itu harus ditindaklanjuti Bupati secara serius bersama SKPD-SKPD terkait. Termasuk rekomendasi BPK yang meminta agar Bupati memberikan sanksi kepada SKPD yang ada temuan,” tegasnya kepada Suara Pemred, baru-baru ini.
 

Dibas membeberkan, seperti temuan realisasi honorarium atas tiga kegiatan di Badan Pemeriksa Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) yang tidak sesuai ketentuan sebesar Rp57.855.000, kelebihan pembayaran pajak penghasilan pasal 21 (PPh 21) atas gaji pegawai Pemkab Sanggau sebesar Rp1.499.101.751,36, kelebihan pembayaran honorarium Dewan Pengawas RSUD M Th Djaman sebesar Rp16.594.742,20.  

“Atas temuan itu BPK memberikan sejumlah rekomendasi untuk segera ditindalanjuti. Dan kita berharap ke depan tidak lagi ada temuan-temuan serupa. Uang rakyat harus dikelola sesuai peraturan yang berlaku,” ujarnya.  

Dibas juga mendorong pihak DPRD untuk mempertanyakan perkembangan tindaklanjut temuan BPK pada tahun anggaran sebelumnya. Mengingat selama ini publik tidak pernah mengetahui sudah sejauhmana perkembangan tindaklanjut temuan BPK yang dilakukan Pemkab Sanggau.  

“Uang yang dikelola itu adalah uang rakyat. Jadi rakyat juga perlu tahu apa yang terjadi dalam mengelolanya, dan ketika ada temuan bagaimana tindaklanjut dari temuan tersebut. Apakah sudah selesai seluruhnya atau seperti apa,” pungkasnya. (jul/bah)