Polisi Ringkus Penjambret Lintas Kabupaten

Sanggau

Editor Kiwi Dibaca : 346

Polisi Ringkus Penjambret Lintas Kabupaten
BARANG BUKTI - Kapolres Sanggau, AKBP Oki Waskito (kiri) menunjukkan barang bukti hasil kejahatan yang dilakukan terduga pelaku JH (29) saat Press Release di Mapolres Sanggau, Selasa (29/8).
SANGGAU, SP - Jajaran Polres Sanggau berhasil mengungkap kasus jambret lintas kabupaten yang sudah sangat meresahkan masyarakat. Seorang pelaku berinisial JH (29), warga Dusun Dengoan, Desa Tebedak, Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak berhasil diringkus bersama sejumlah barang bukti hasil kejahatan.  

“Hasil pengungkapan yang kami lakukan, diketahui terduga pelaku sudah 14 kali beraksi di tiga kabupaten yakni Sanggau, Landak dan Sintang. Terduga pelaku merupakan spesialis jambret telepon seluler dan juga uang,” kata Kapolres Sanggau, AKBP Oki Waskito saat Press Release di Mapolres Sanggau, Selasa (29/8).
 

Terduga pelaku, beber Kapolres, telah melakukan aksinya sebanyak tujuh kali di Kabupaten Sanggau, di Kabupaten Landak sebanyak enam kali dan satu kali di Kabupaten Sintang. Dari semua barang hasil kejahatan yang berhasil disita, kebanyakan telepon seluler.   Terduga pelaku, lanjut Oki, menjalankan aksinya pada malam hari dengan menyasar korban yang melewati jalan umum yang sepi dengan menggunakan sepeda motor KB 2347 LS.  

“Si pelaku ini ngakunya hanya sendirian saja dalam melakukan kejahatannya. Awalnya juga hanya mengakui melakukan jambret di empat lokasi. Namun belakangan diakui ada 14 lokasi,” jelas Kapolres.  

Kasat Reskrim Polres Sanggau, AKP Muhammad Aminuddin menambahkan, terduga pelaku disangkakan dengan pasal 365 ayat 2 ke 1e KUHP subsidair pasal 362 KUHP. Sesuai pasal 365 ayat 2 ke 1e, terduga pelaku diancam dengan pidana kurungan paling lama 12 tahun.  

Terhadap kasus tersebut, polisi masih akan melakukan pengembangan dengan melihat kemungkinan adanya keterlibatan pihak lain. Termasuk berkoordinasi dengan Polres di daerah lainnya untuk mengungkap jaringan dari terduga pelaku.   Polisi mengharapkan kerjasama dari semua elemen masyarakat yang ada di wilayah hukum Polres Sanggau untuk memberikan informasi sekecil apapun mengenai tindak pidana yang terjadi.  

“Kami harap partisipasi masyarakat untuk menjadi polisi bagi dirinya sendiri dengan selalu waspada dan tidak memberikan ruang dan kesempatan bagi para pelaku kejahatan,” pungkas Aminuddin. (jul/bah)