Manfaatkan Potensi Alam untuk Sumber Energi

Sanggau

Editor Kiwi Dibaca : 438

Manfaatkan Potensi Alam untuk Sumber Energi
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sanggau, Fransiskus Ason
SANGGAU, SP – Listrik PLN belum mampu dinikmati seluruh masyarakat Kabupaten Sanggau. Faktanya, masih ada 44 desa dari 163 desa di kabupaten itu tanpa listrik.  

“Ini (desa tanpa listrik) menjadi pekerjaan rumah yang harus menjadi perhatian serius Pemkab Sanggau. Dan pemerintah daerah jangan hanya bergantung listrik PLN saja,” tegas Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sanggau, Fransiskus Ason kepada Suara Pemred, Rabu (30/8/).
 

Sebab, menurut Ason, masalah listrik bukan hanya terjadi di Kabupaten Sanggau, tapi daerah lainnya juga, termasuk daerah di luar Kalbar. Untuk itu, Pemkab Sanggau harus bisa mencari sumber alternatif untuk listrik lainnya.  

“Pemkab dan PLN tentu saling berkoordinasi untuk mengusulkan desa-desa yang belum teraliri listrik ke pusat. Dan selain mengawal proses usulan itu sampai ke pusat, Pemkab Sanggau juga harus mencari solusi lainnya seperti melibatkan pihak swasta,” ujar Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sanggau ini.  

Jika hanya bergantung pada listrik PLN, Ason beranggapan, akan sulit bagi Pemkab Sanggau untuk mewujudkan salah satu seven brand imagenya, yakni Sanggau Terang. Karena, bagaimanapun juga Sanggau Terang sudah menjadi kewajiban pemerintah daerah untuk diwujudkan.  

Kabupaten Sanggau banyak perusahaan seperti perusahaan perkebunan dan sebagainya. Keberadaan perusahaan tersebut harusnya bisa didorong untuk membantu masyarakat, termasuk urusan listrik.   “Selain menunggu listrik dari PLN, perusahaan-perusahaan yang ada di Sanggau juga bisa didorong untuk memenuhi listrik di desa-desa tanpa listrik itu. Sumber listrik bisa disesuaikan dengan potensi-potensi yang ada di desa masing-masing,” ujar Ason.  

Misalnya, lanjut dia, energi listrik terbarukan seperti dari sumber sinar matahari, angin, tenaga air dan sebagainya.   “Banyak karunia Tuhan yang bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk menjadi energi terbarukan dalam mengatasi masalah listrik di desa-desa. Tentu dengan melibatkan pihak swasta,” pungkas Ason. (jul/bah)

Komentar