Tunjangan Anggota DPRD Sanggau Naik

Sanggau

Editor Tajil Atifin Dibaca : 736

Tunjangan Anggota DPRD Sanggau Naik
MEGAH – Kantor DPRD Kabupaten Sanggau berdiri megah. Terhitung mulai September ini, tunjangan anggota dewan Sanggau naik hingga Rp30 jutaan.
SANGGAU, SP - Para wakil rakyat di DPRD Kabupaten Sanggau boleh tersenyum karena mulai September 2017, 40 anggota parlemen itu akan menerima kenaikan tunjangan yang cukup fantastis.  

“Sudah ada Perdanya, tinggal proses Peraturan Bupati. Kemungkinan, September 2017 anggota Dewan Sanggau sudah menerima tunjangan sesuai PP 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Hak Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD itu,” kata Sekwan Sanggau, Burhanuddin dihubungi Suara Pemred, Selasa (12/9).
 

Besaran kenaikan tunjangan yang akan diterima para wakil rakyat itu, kata Burhanuddin, mempertimbangkan asas kepatutan dan kewajaran serta disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.  

“Masing-masing anggota Dewan Sanggau nantinya akan mendapat tunjangan berkisar Rp30-an juta. Namun ada beberapa item yang perlu pembahasan lebih lanjut seperti tunjangan transportasi, tunjangan reses. Itu perlu dibahas secara intensif sebelum keluar peraturan bupati,” kata Burhanuddin.  

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Sanggau, Jumadi berharap, dengan naiknya tunjangan Anggota DPRD diimbangi dengan peningkatan kinerja dewan dan tidak ada lagi anggota dewan yang malas-malasan.  

“Jangan lagi ada yang malas. Tentunya ada beberapa orang yang malas, kita akui itu. Karena ini kan lembaga, jumlah anggota Dewan Sanggau ada 40 orang, terdiri dari berbagai macam partai politik. Tapi kalau PDI Perjuangan rajin-rajin semua,” pungkas Sekretaris DPC PDI Perjuangan ini.  

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo telah menandatangani PP 18/2017 itu pada akhir Mei 2017. PP tersebut menggantikan PP Nomor 24 Tahun 2004 tentang Kedudukan Protokoler dan Keuangan Pimpinan dan Anggota DPRD.  

Dengan PP itu, item tunjangan dewan lebih banyak dan meningkat jumlahnya. Ini artinya gaji bulanan mereka akan semakin naik. Seperti adanya tunjangan keluarga, tunjangan beras, dan juga tunjangan komunikasi intensif yang diberikan setiap bulan.  

Selain itu, ada pula tunjangan reses yang kini akan diberikan tiap kali masa kunjungan ke daerah pemilihan atau konstituen. Para anggota DPRD melalui PP baru ini juga tetap mendapatkan tujangan rumah dinas dan tunjangan transportasi. (jul/bah)