Pemkab Diminta Tangani Masalah Lampu Jalan

Sanggau

Editor Tajil Atifin Dibaca : 292

Pemkab Diminta Tangani Masalah Lampu Jalan
LAMPU JALAN – Pertugas tampak sedang memperbaiki lampu jalan. Keberadaan lampu jalan sangat penting di ruas jalan
SANGGAU, SP - Penerangan Jalan Umum (PJU) masih menjadi pekerjaan rumah Pemkab Sanggau yang harus segera ditangani. Pasalnya, masih banyak PJU yang ada tidak berfungsi saat malam hari.  

“Masalah PJU ini perlu menjadi perhatian khusus dinas terkait, tidak hanya di dalam kota Sanggau saja, tapi juga di beberapa titik ruas jalan di sejumlah kecamatan,” ujar Wakil Ketua DPD Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) Kabupaten Sanggau, Heriyanto kepada Suara Pemred, belum lama ini.
 

Kondisi lampu PJU sekarang ini kebanyakan ada tiang, namun lampunya tidak menyala pada malam hari, tidak berfungsi. Kondisi yang gelap itu rawan kecelakaan, juga rawan terjadi aksi kriminalitas seperti penjambretan dan sebagainya.  

Seperti di ruas Jalan Simpang Tanjung-Sosok, Desa Binjai, Kecamatan Tayan Hulu, kata Heriyanto, ada tiang PJU tetapi tidak berfungsi.  

“Ada yang berfungsi tapi lampunya tidak terang, seperti lampu yang berada persis di tugu persimpangan Simpang Tanjung,” ujarnya.  

Menurut Heriyanto, kebutuhan akan penerangan jalan yang tinggi di kota Sanggau jangan sampai mengabaikan kebutuhan PJU di wilayah kecamatan lainnya. Wilayah-wilayah kecamatan itu juga perlu diprioritaskan.  

“Kita minta pemerintah daerah melalui dinas terkat lebih proaktif memperhatikan kondisi ini. PJU yang tidak berfungsi dicek, kenapa lampu tidak menyala, apakah karena putus atau ada persoalan lain. Dan daerah yang belum memiliki PJU sementara daerah itu membutuhkan, tolong diperhatikan juga,” imbuhnya.  

Selain itu, Heriyanto juga mempertanyakan besaran anggaran untuk perbaikan atau pemeliharaan PJU dalam satu tahunnya.  

“Berapa sih besaran anggaran untuk PJU itu? Kenapa masalah PJU ini belum tertangani dengan baik, apakah karena anggaran yang minim atau anggaran itu tidak terserap atau apa?,” tutupnya. (jul
/bah)