Bupati Inginkan Panen Tiga Kali

Sanggau

Editor Kiwi Dibaca : 364

Bupati Inginkan Panen Tiga Kali
TANAM PADI – Petani sedang menanam padi di sawah. Di Sanggau, Bupati setempat berharap panen padi bisa tiga kali dalam setahun.
SANGGAU,  SP – Melihat potensi hasil pertanian padi di Sanggau cukup menjanjikan membuat Bupati Sanggau, Paolus Hadi mendorong Sanggau bisa swasembada beras. Orang nomor satu di Kabupaten Sanggau ini pun ingin para petani bisa panen tiga kali dalam setahun.  

“Kita berharap agar masyarakat bisa memiliki banyak areal sawah, sehingga bisa menggunakan teknologi sekaligus nanti dari panen satu kali menjadi dua kali. Bahkan kita coba supaya satu tahun siklus pertanian bisa meningkat, bisa sampai tiga kali,” kata PH, sapaan akrab Bupati Sanggau, kemarin.
 

Terlebih Kalbar dijadikan sentra pangan, secara khusus Sanggau sebagai wilayah perbatasan. PH berharap ekspor beras ke Malaysia bisa segera terwujud.  

“Mudah-mudahan pada HPS  (Hari Pangan Sedunia) nanti, Pak Presiden datang dan akan melaunching ekspor beras ke Malaysia di Desa Tunggal Bakti, Kecamatan Kembayan,” ujar Bupati.
  Menurutnya, apabila bisa lahan persawahan merata tentu sangat bagus karena potensi sawah di Sanggau sangat luas.  

“Sayangnya kebanyakan masih berada di kawasan hutan produksi, hutan lindung. Sementara masyarakat sudah lama tinggal di sekitarnya. Masyarakat juga berharap agar bisa dibantu percetakan sawah,” ucap Bupati.   Untuk itulah, pemerintah daerah mendorong agar dinas terkait bisa mengusulkan supaya daerah-daerah yang masuk dalam kawasan hutan bisa diambil titik koordinatnya dan selanjutnya dilaporkan kepada pemerintah pusat.  

“Kita mohon dukungan dari Kementan, supaya ini didorong melalui Kementrian Kehutanan. Supaya merata dan mudah-mudahan dengan bersawah masyarakat semakin memiliki pekerjaan yang banyak, apalagi bisa nanam dua sampai tiga kali. Ditambah dengan tanaman palawija, akan mendorong percepatan pangan di Kabupaten Sanggau,” tandas PH.  

Disinggung kecamatan yang menjadi sentra pangan, menurut Bupati, kecamatan Balai (Batang Tarang) yang sudah menanam dua kali dalam setahun. Kemudian Jangkang, Bonti, Kembayan, Sekayam, Entikong dan Noyan, Toba, Mukok.   “Kita sekarang dorong untuk wilayah perbatasan. Memang di sana termasuk wilayah kawasan hutan lindung,” tutup Bupati Sanggau. (jul)