Polisi Sanggau Gagalkan Pengiriman 'Lelong' dari Malaysia

Sanggau

Editor hendra anglink Dibaca : 127

Polisi Sanggau Gagalkan Pengiriman 'Lelong' dari Malaysia
LELONG - Tiga bal pakaian bekas atau lelong dari Malaysia berhasil diamankan Polsek Entikong, Rabu (4/10/). (Jul/SP)
SANGGAU, SP – Polsek Entikong berhasil mengamankan 3 bal/karung pakaian bekas (lelong) yang dipasok dari Malaysia di Jalan Baru Patoka, Dusun Entikong Benua, Desa Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Rabu (4/10), sekira pukul 17.20 WIB. Lelong itu diamankan dari seorang pria bernama Lio Jangut, warga Dusun Sontas, Desa Entikong.

Kapolres Sanggau, AKBP Oki Waskito melalui Kapolsek Entikong, Kompol Amin Sidik mengatakan, digagalkannya penyelundupan pakaian bekas yang diduga dari Malaysia ini,  berawal dari informasi yang diperoleh anggota di lapangan.

“Sekira pukul 15.00 WIB anggota Polsek Entikong mendapatkan informasi bahwa, ada barang jenis lelong atau pakaian bekas akan masuk ke Indonesia, melewati jalan tikus yang akan tembus di Jalan Baru Patoka,” jelasnya kepada Suara Pemred, Rabu (4/10) malam.

Atas informasi itu, anggota Polsek Entikong bergerak cepat mendatangi lokasi tersebut. Pada saat anggota tiba di lokasi, terlihat dua orang pemikul sedang duduk menunggu lelong/pakaian bekas yang akan diambil oleh pemiliknya. Namun satu orang pemikul berhasil melarikan diri.

“Setelah anggota kita melaksanakan pemeriksaan di semak-semak, ditemukan 3 karung warna putih dilapisi plastik warna hitam. Saat karung itu dibuka, ternyata di dalam karung itu berisi pakaian bekas. Selanjutnya barang bukti dan satu orang pemikul dibawa ke Polsek Entikong untuk dimintai keterangan,” kata Sidik.

Kapolsek menambahkan, sejumlah barang ilegal asal Malaysia juga berhasil diamankan dalam patroli jalur tikus di kawasan PLBN Entikong, Kabupaten Sanggau, Senin (2/10) lalu.

Dalam partoli yang dipimpin Kanit Sabhara Polsek Entikong, Iptu Sahid itu diikuti Kasubsektor Ipda Nursalim, Ka Tim PJJ Sabhara Polda Kalbar, Ipda Dori, 10 orang anggota Polsek Entikong, 4 orang dari Bea dan Cukai Entikong, serta dua orang petugas dari Karantina Hewan dan Tumbuhan Entikong.

Giat patroli dilaksanakan mulai pukul 08.30 hingga 09.30 WIB, ada 2 tim yang memeriksa di sisi kanan dan sisi kiri Gedung PLBN Entikong.

“Hasil dari patroli tersebut ditemukan 3 orang pemikul yang membawa barang dari Malaysia, melalui jalur tikus sebelah kiri Gedung PLBN Entikong dan diamankan 2 unit mesin Robin, 47 bungkus rokok, 200 sachet racun serangga, 10 liter racun rumput, 2 pucuk sajam dan 2 set kunci,” terang Sidik.

Ketiga pemikul itu yakni, Jodi, warga Dusun Semangit, Kecamatan Entikong. Servus Herman, warga Dusun Semangit, Kecamatan Entikong. Imran, warga Dusun Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau.

“Menurut keterangan dari pemikul bahwa barang tersebut milik orang berinisial Ac,” tutup Kapolsek Entikong. (jul/lis)