Langganan SP 2

Waspadai Peradaran Uang Palsu Jelang Pilkada

Sanggau

Editor Kiwi Dibaca : 108

Waspadai Peradaran Uang Palsu Jelang Pilkada
Ilustrasi
SANGGAU,  SP – Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Sanggau, Sulaiman mengingatkan masyarakat agar mewaspadai peredaran uang paslu menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).  

Menurutnya, pada saat Pilkada biasanya peredaran uang lebih tinggi dibandingkan situasi normal. Artinya, ketika perputaran uang tinggi, potensi beredarnya uang palsu juga meningkat.  

“Baru-baru ini terungkap uang paslu di Parindu. Walau jumlahnya hanya satu yakni pecahan Rp50 ribu, tetapi masyarakat tetap harus waspada.  Karena apa? Pengungkapan uang paslu di Parindu itu menunjukkan bahwa uang palsu sudah beredar di Sanggau,” kata Sulaiman, Selasa (24/10).
 

Untuk itu, ia meminta masyarakat berhati-hati saat bertransaksi, terutama pada malam hari. Karena kondisi malam hari yang tidak mendapatkan cahaya cukup bisa membuat masyarakat tertipu uang palsu.  

Ia pun meminta kepada pihak terkait untuk melakukan sosialisasi tentang cara membedakan uang palsu dan uang asli. Karena tidak menutup kemungkinan, momen Pilkada mendatang dimanfaatkan orang yang tidak bertanggungjawab mencetak uang palsu.  

“Pihak terkait perlu melakukan langkah preventif dengan melakukan sosialisasi ke masyarakat. Misal melalui radio atau pertemuan dengan kelompok masyarakat. Kalau bisa merambah ke pelajar juga,” pungkas Sulaiman. (jul/bah)