Langganan SP 2

Warga Minta PLN Sanggau Diaudit

Sanggau

Editor Kiwi Dibaca : 89

Warga Minta PLN Sanggau Diaudit
NYALAKAN LILIN – Seorang bocah menyalakan lilin karena lampu padam. Di Sanggau, pemadaman listrik terus berlangsung. Masyarakat dibuat geram.
SANGGAU, SP – Pemadaman listrik masih sering terjadi di wilayah Sanggau. Kondisi ini membuat sejumlah warga berang dan meminta agar PT PLN Sanggau diaudit.  

“PLN selalu beralasan pemadaman karena gangguan dan sebagainya. Alasannya selalu sama, itu-itu saja. Saya kira, perlu dilakukan audit internal PLN Sanggau itu. Bila perlu BPK yang melakukan audit,” kata Heriyanto, warga Tayan Hulu, Sanggau kepada Suara Pemred, kemarin.


  Menurutnya, wajar masyarakat merasa heran pemadaman listrik masih terus terjadi sementara sistem Sanggau yang disuplai dari PLTU Sei Batu, PLTD Semboja dan GI Ngabang dalam posisi surplus daya.  

Pemadaman ini, lanjut Heriyanto, tidak terjadi satu dua kali dan tahun ini saja, tetapi sudah sangat lama. Seolah-olah masalah yang dihadapi PLN tidak ada jalan keluarnya.  

“Ini sebenarnya ada apa? Wajar masyarakat mempertanyakan apa yang sebenarnya terjadi di tubuh PLN. Saya curiga ada yang tidak beres,” ucapnya.   Harusnya, Heriyanto menambahkan, kenaikan tarif listrik dibarengi dengan meningkatnya pelayanan, bukan malah semakin buruk.  

“Kepada para wakil rakyat kita di DPRD Sanggau, kita minta juga agar mereka mendorong agar dilakukan audit internal di tubuh PLN atau minta kepada BPK untuk melakukan auditnya,” harapnya.  

Sementara Budi, warga Kembayan juga mengeluhkan masih seringnya pemadaman yang dilakukan PLN. Bahkan, kondisi byar pet itu sudah berlangsung lama dan terkesan tidak ada upaya perbaikan pelayanan dari PLN.   Ia pun sependapat jika dilakukan audit di tubuh PLN Sanggau.  

“Kita heran juga ya, di saat surplus listrik pemadaman tetap terjadi. Mau tanya ke PLN juga percuma. Alasannya pasti selalu itu-itu saja, gangguan jaringan lah, ada pohon tumbang lah,” kesal Budi. (jul/bah)