Pemilik CV Cahaya Intan, Tak Kantongi Izin Kegiatan Usaha Beras

Sanggau

Editor Andrie P Putra Dibaca : 445

Pemilik CV Cahaya Intan, Tak Kantongi Izin Kegiatan Usaha Beras
Toko Cahaya Intan Jalan Jenderal Sudirman. (SP/Julianus)
SANGGAU, SP – Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Hortikultura dan Perikanan Kabupaten Sanggau, Jhon Hendri meminta masyarakat tetap tenang dan menyerahkan sepenuhnya proses penyelidikan terkait beras bercampur plastik yang diproduksi CV Agro Abadi itu.

Pihaknya, kata dia, siap memberikan keterangan sesuai keahlian yang dimiliki. 

“Misalnya bicara izin perdagangan beras, tokoh bangunan itu punya izin atau tidak, kita siap memberikan keterangan,” ucap Jhon Hendri, Selasa (21/11).

Ia mengaku, sampai saat ini pemilik CV Cahaya Intan yang beralamat di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Bunut, Kecamatan Kapuas itu belum pernah meminta rekomendasi kegiatan usaha beras kepada pihaknya.

“Sampai hari ini pemilik toko bangunan Cahaya Intan itu belum ada meminta rekomendasi kepada kami. SITU, SIUP harus ada,” ujar Jhon Hendri.

Ia juga curiga dengan kemasan beras berwarna pink dengan merek asli 5 super AAA itu.

“Masih ada kekurangan yang kita temukan pada kemasan beras tersebut, misalnya berat atau netto beras tidak dicantumkan. Kalau beratnya 12 kilogram ya cantumkanlah 12 kilogram, tapi yang inikan tidak kita temukan. Kemudian nomor registrasi juga harus dicantumkan, nah itupun tidak kita temukan. Namun terkait kemasan itu kewenangan Disperindag,” jelas Jhon Hendri.

Kepada masyarakat, ia mengimbau agar berhati-hati saat membeli beras.

"Beras ini memang kebutuhan pokok, tapi jangan sampai kita membeli beras yang tidak tahu asal usulnya. Jangan asal beli apalagi sampai tergiur dengan harga yang murah,” pesannya.

Untuk membeli beras yang aman, ada beberapa tips yang disarankan Jhon Hendri. 

Yakni lihat kemasannya, sumber berasnya dari mana, nomor registernya harus ada dan berat karung juga tertera di kemasan. (jul)