Soal Penambahan Alokasi Kursi DPRD Sanggau, Ini Penjelasan Ketua KPU

Sanggau

Editor Andrie P Putra Dibaca : 284

Soal Penambahan Alokasi Kursi DPRD Sanggau, Ini Penjelasan Ketua KPU
SOSIALISASI - Sosialisasi Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Pemilu 2019, Selasa (12/12). (SP/Julianus)
SANGGAU, SP – Alokasi kursi DPRD Sanggau dalam Pileg 2019 mendatang masih menunggu data resmi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Sementara pada Pileg 2014 lalu, alokasi kursi di parlemen Sanggau itu berjumlah 40 kursi.

“Rencananya Data Agregat Kependudukan akan diserahkan Kemendagri ke KPU RI pada tanggal 17 Desember 2017, sehingga KPU belum bisa menentukan berapa jumlah kursi DPRD Sanggau di Pemilu 2019, apakah ada penambahan atau tidak,” kata Ketua KPU Kabupaten Sanggau, Sekundus Ritih ditemui disela-sela sosialisasi Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Pemilu 2019 di, Selasa (12/12)

Menurut Sekundus, jika data yang diserahkan Kemendagri ke KPU RI nanti terjadi penambahan jumlah penduduk Kabupaten Sanggau dari di bawah 500 ribu menjadi 500 ribu plus 1, maka secara otomatis akan ada penambahan kursi menjadi 45 orang.

“Kalau di bawah 500 ribu berarti tetap jumlah kursinya (40 kursi),” terangnya.

Setelah DAK 2 keluar dari Kemendagri, lanjut Sekundus, akan ada PKPU tentang Penataan Dapil. “Nanti ada uji publiknya untuk itu, jadi kegiatan hari ini masih informasi awal saja dulu,” ujarnya.

Sekundus menambahkan, mekanisme perhitungan suara yang pada prinsipnya tidak jauh berbeda dengan Pemilu sebelumnya.

“Secara umum hampir sama mekanismenya, tetapi kan kemaren itu diminta evaluasi hasil yang tahun 2014, apakah sudah memenuhi prinsip-prinsip tujuh hal yang nanti kita jelaskan secara rinci,” jelasnya.

Hadir dalam acara sosialisasi tersebut, komisioner KPU, para camat se-Kabupaten Sanggau, perwakilan Partai Politik, TNI/POlri, Panwaslu dan OPD terkait di lingkungan Pemkab Sanggau. (jul)


Komentar