Pemalsuan Cukai Rokok, Tiga Mahasiswa Ini Diciduk Polisi

Sanggau

Editor Andrie P Putra Dibaca : 201

Pemalsuan Cukai Rokok, Tiga Mahasiswa Ini Diciduk Polisi
Kapolsek Meliau, Iptu RM Pardosi saat meyerahkan pelaku beserta barang bukti kepada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Entikong. (ist)
SANGGAU, SP – Jajaran Polsek Meliau meringkus tiga orang pelaku tindak pidana cukai. Ketiga pelaku yang ditangkap itu berstatus mahasiswa dan kini sudah diserahkan ke Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pebean C Entikong berikut barang bukti, Selasa (9/1) kemarin.

Kapolres Sanggau melalui Kapolsek Meliau, Iptu RM Pardosi kepada wartawan, Rabu (10/1) mengatakan, tiga pelaku itu yakni berinisial AP (22), RP (22) dan ZNS (17). Pelaku AP dan RP berasal dari warga Dusun Simpang Kiri RT/RW 002/002, Desa Korek, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya.

Sementara ZNS, kata Kapolsek, merupakan warga Jalan Kelurahan, RT/RW 9/3, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau.

“Penyerahan para pelaku dilakukan di ruang Satreskrim Polsek Meliau,” jelas Pardosi.

Barang Bukti yang diamankan dan sudah diserahkan, lanjut Kapolsek, satu unit kendaraan Toyota Avanza dengan nomor polisi KB 1803 WH, nomor rangka MHKM5EA3JHK050013, nomor mesin 1NRF229485, warna hitam, satu lembar STNK kendaraan Toyota Avanza dengan nomor polisi KB 1803 WH, nomor rangka MHKM5EA3JHK050013, nomor mesin 1NRF229485, warna hitam, rokok dengan merk Gudang Jati sebanyak empat tim, rokok merk L dan V Bold sebanyak 10 tim, rokok merk Plus sebanyak 11 tim, rokok merek Cagak Sewu sebanyak 2 tim.

Ketiga pelaku tersebut, kata Kapolsek, ditangkap pada tanggal 16 Desember 2017 sekitar pukul 15.00 WIB di kawasan Pasar Meliau, Jalan Joko Soedarmo, Dusun Meliau Hilir, Desa Meliau Hilir, Kecamatan Meliau.
Terungkapnya kasus tersebut, menurut Pardosi berdasarkan informasi yang diterima anggota piket Polsek Meliau dari masyarakat.

“Setelah mendapatkan informasi tersebut, petugas melakukan pencarian terhadap kendaraan yang sudah diketahui berdasarkan laporan masyarakat. Setelah ditemukan kendaraan tersebut, petugas melakukan pengecekan terhadap barang yang dibawanya. Dan di dalam kendaraan ranmor roda empat tersebut ditemukan 27 tim kotak rokok berbagai merek, yang diduga menggunakan pita cukai palsu,” pungkas Kapolsek. (jul)