Ini Mekanisme Penentuan Nomor Urut Peserta Pilkada Sanggau 2018

Sanggau

Editor Andrie P Putra Dibaca : 287

Ini Mekanisme Penentuan Nomor Urut Peserta Pilkada Sanggau 2018
Dua pasangan calon yang akan bertarung di Pilkada Sanggau. (SP/Julianus)
SANGGAU, SP - Ketua KPU Kabupaten Sanggau, Sekundus Ritih mengatakan, pencabutan nomor urut pasangan calon peserta Pilkada Sanggau 2018 baru akan digelar pukul 14.00 WIB, Selasa (13/2).

"Melalui Pleno Terbuka dan dilakukan langsung oleh Paslon. Tahap pertama paslon akan mengambil nomor undian  yang menentukan siapa yang akan mengambil nomor urut terlebih dulu. Setelah itu, pengambilan penentu nomor urut mereka. Nomor yang pertama pakai kertas, sedang nomor urut Paslon ada di Payung. Barulah kami tetapkan," jelas Sekundus.

Mekanisme ini, dikatakan  menjadi alternatif pencabutan nomor dengan mengedepankan asas keadilan. Sebagaimana yang diatur dalam PKPU, bahwa pengambilan nomor urut dilakukan dengan cara pencabutan nomor undi. “Dan mekanisme ini, kami yang menetapkan," pungkasnya.

Seperti diketahui, KPU Kabupaten Sanggau telah menggelar rapat pleno terbuka penetapan peserta Pilkada Sanggau 2018 di kantor KPU setempat, Senin (12/2) kemarin. Hasilnya, dipastikan pesta demokrasi itu hanya diikuti dua pasangan calon atau berlangsung head to head.

Dua pasangan calon itu yakni pasangan petahana, Paolus Hadi-Yohanes Ontot (PH-YO) dan pasangan Yansen Akun Effendy-Fransiskus Ason (YAS). Keduanya dinyatakan telah memenuhi syarat untuk maju di Pilkada Sanggau 2018. (jul)