Wujudkan Pilkada Aman dan Damai, Kesbangpol Sanggau Bentuk Tim Desk Pilkada

Sanggau

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 145

Wujudkan Pilkada Aman dan Damai, Kesbangpol Sanggau Bentuk Tim Desk Pilkada
Antonius
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sanggau memberikan bantuan pengawasan Pilgub dan Pilbup Sanggau 2018. Melalui Kantor Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol dan Linmas), pemerintah daerah membentuk Tim Desk Pilkada yang akan memantau jalannya rangkaian Pilkada di 15 kecamatan se-Kabupaten Sanggau.

SP - “Kami telah membentuk Tim Desk yang akan memantau proses pelaksanan Pilkada yang sedang berlangsung,” kata Kepala Kantor Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Sanggau, Antonius kepada wartawan di kantornya, Rabu (7/3).

Selain unsur pemerintah daerah, Tim Desk Pilkada ini juga diisi unsur dari aparat keamanan dan Ormas. Anton, sapaan akrab Antonius mengatakan, tim ini akan melaporkan situasi Pilkada kepada gubernur dan menteri dalam negeri. 

“Kita wajib melaporkan perkembangan Pilkada kepada gubernur dan menteri dalam negeri,” jelasnya.

Menurut Anton, sejauh ini hasil pantauan Tim Desk belum ditemukan hal-hal yang berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat. 

“Sampai hari ini (kemarin, red), proses Pilkada berjalan aman dan lancar. Belum ada hal menonjol yang berpotensi mengganggu jalannya Pilkada,” terangnya.

Kondisi itu tidak terlepas dari peran serta seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Sanggau yang berkomitmen menjaga Pilkada, sebagai sebuah pesta rakyat yang harus berjalan aman, lancar dan damai.

“Sebelumnya kami sudah menyampaikan surat edaran kepada OPD termasuk para camat, lurah/kepala desa, instansi vertikal, ormas, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh pemuda untuk bersama-sama menjaga situasi yang kondusif selama Pilkada,” pungkasnya. 


Deteksi Dini


Sementara Ketua DPRD Kabupaten Sanggau, Jumadi menyambut baik dibentuknya Tim Desk Pilkada yang akan melakukan deteksi dini, cipta kondisi yang kondusif dan damai dalam proses Pilkada tahun ini.

“Saya yakin tim ini mampu bekerja dengan baik dalam menangani secara dini setiap masalah yang bisa saja terjadi selama proses Pilkada. Apalagi salah satu tugas dari Kesbangpol ini adalah memelihara ketentraman, ketertiban dan keamanan di masyarakat,” ujarnya.

Legislator PDIP Perjuangan ini pun mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan Pilkada yang damai, aman dan sukses. Sebab, Pilkada ini adalah pesta rakyat yang harus dijaga bersama.

“Jadi, pembetukan tim ini sangat penting mendapat dukungan dari seluruh elemen masyarakat. Bersama-sama menciptakan keamanan dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat demi terwujudnya Pilkada yang damai,” tutup Jumadi. (julianus ratno/bah)