Kades se-Sanggau Segera Dikumpulkan Bahas Perekaman e-KTP

Sanggau

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 89

Kades se-Sanggau Segera Dikumpulkan Bahas Perekaman e-KTP
REKAM E-KTP - Warga terlihat antusias melakukan perekaman e-KTP di Dinas Dukcapil Kabupaten Sanggau, kemarin. (SP/Ratno)
SANGGAU, SP - Masih rendahnya kesadaran masyarakat melakukan perekaman e-KTP menjadi salah satu kendala belum tercapainya target perekaman di Kabupaten Sanggau. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat mencatat, ada tiga kecamatan yang perekamannya masih rendah, yakni Meliau, Tayan Hilir dan Tayan Hulu.

Kepala Disdukcapil, Zawawi mengatakan, sesuai instruksi Pjs Bupati pada Senin (12/3) depan akan digelar pertemuan dengan seluruh kepala desa di lantai I Kantor Bupati Sanggau. 

“Pertemuan yang rencananya dihadiri Bawaslu dan KPU itu, salah satunya bertujuan membahas upaya perekaman e-KTP dalam menyukseskan Pilkada 2018,” kata Zawawi ditemui wartawan di kantornya, Kamis (8/3).

Berdasarkan laporan pelaksanaan perekaman dan pencetakan e-KTP per 31 Januari 2018, ia merinci, jumlah penduduk Kabupaten Sanggau 483.981 jiwa. Dari jumlah itu, wajib e-KTP sebanyak 357.796 jiwa. Untuk perekaman, sampai 31 Januari 2018 berjumlah 264.522 jiwa, masih ada 93.274 jiwa yang belum melakukan perekaman. 

Disinggung apakah Disdukcapil mampu menyelesaikan target perekaman 100 persen, Zawawi tidak berani memastikan. Namun ia berjanji akan berupaya semaksimal mungkin menyelesaikan perekaman. 

Untuk itu, Zawawi mengajak para kepala desa terus mendorong kesadaran warganya melakukan perekaman. 

“Karena tidak mudah menyelesaikan yang 93 ribu lebih ini mengingat geografis kita yang begitu luas, ditambah lagi masih rendahnya kesadaran masyarakat kita melakukan perekaman,” ujarnya.

Kepada masyarakat yang belum melakukan perekaman, Zawawi kembali mengajak untuk segera melakukan perekaman. 

“Saat ini, peralatan pendukung perekaman sudah baik dan siap. Kalaupun tidak sempat saat petugas kami datang ke kampung mereka, misalnya, mereka juga bisa melakukan perekaman di kantor camat. Di sana juga ada peralatan perekaman,” tutupnya. (jul/bah)