Mengulas Inovasi Kapolres Sanggau, Rachmat Kurniawan

Sanggau

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 218

Mengulas Inovasi Kapolres Sanggau, Rachmat Kurniawan
Kapolres Sanggau, AKBP Rachmat Kurniawan

Terapkan SKCK Online hingga Sistem Pelacak Hoax


Kehadiran AKBP Rachmat Kurniawan memberikan warna baru bagi Polres Sanggau. Meski baru tiga bulan memegang tampuk pimpinan tertinggi Polres yang wilayahnya berbatasan langsung dengan Malaysia, Rachmat sudah menciptakan banyak kreativitas dan inovasi. 

SP - Tidak hanya urusan manajemen internal, urusan eksternal juga tak luput dari perhatian Rachmat, terutama dalam hal pelayanan publik.

Kreativitas yang lahir dari ide perwira menengah lulusan Akpol 97 ini di antaranya Tabloid Daranante dan Sanggar Tari Daranante Bhayangkari Cabang Sanggau. 

Kemudian di antara beberapa inovasi yang Rachmat terapkan, SKCK Online dengan metode Crime Database Synchronized adalah salah satu program kerja unggulan Rachmat dalam meningkatkan kinerja pelayanan Polres Sanggau terhadap masyarakat. 

Melihat geografis Sanggau yang luas dan terbagi dalam 15 kecamatan, Rachmat menyebutkan layanan SKCK Online ini harus diterapkan demi kemudahan masyarakat dalam pengurusan SKCK.

Dengan sistem ini, pemohon hanya perlu mengisi data diri melalui perangkat online. Dan apabila berhasil menyimpan, maka pemohon tinggal datang ke kantor polisi yang terdekat dengan lokasi pemohon untuk verifikasi data kemudian cetak.

Sistem SKCK Online Crime Database Synchronized ini memang bukan sistem baru, namun dalam lingkup Polda Kalimantan Barat, Rachmat adalah orang pertama dalam penerapannya. 

“Polres Sanggau akan terus melakukan peningkatan kinerja, terutama dalam sisi pelayanan kepada masyarakat. Mengingat pelayanan merupakan sisi yang bersentuhan langsung dengan masyarakat,” kata Rachmat, Minggu (11/3).

Bapak dua anak ini berharap, dengan sistem-sistem yang disiapkan Polres Sanggau, masyarakat dapat lebih terlayani sesuai dengan moto 4S ( speed,smart,solid,dan strong ), dengan hasil akhirnya, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap institusi kepolisian semakin besar.

Selain meluncurkan SKCK Online, Polres Sanggau kembali membuat gebrakan dengan menerapkan sitem informasi dan analisa media online.

Sistem yang diberi nama Social Media Database Management System (Social Media DBMS ) itu sudah mulai dijalankan di Polres Sanggau sejak pertengahan Februari tahun ini. Menurut Kapolres, Sistem informasi tersebut sebenarnya merupakan alat penunjang bagi Cyber Troops Polres Sanggau untuk menjalankan tugasnya dalam aktifitas dunia maya.

Melalui Social Media DBMS anggota Cyber Troops Polres Sanggau dapat mencari link yang berisi informasi berbau provokatif maupun hoax yang tersebar melalui media sosial maupun media online. 

Melihat kesiapan Polres Sanggau dengan pembentukan tim Cyber Troops dan sarana penunjangnya, Kapolda Kalbar, Brigjen Polisi Didi Hariyono menyebutkan langkah dari Polres Sanggau seharusnya dapat menjadi contoh bagi polres-polres lain di Kalimantan Barat. 

Melalui percakapan video conference (vicon), Didi berpesan agar sistem tersebut dapat dipelajari lebih lanjut untuk dikembangkan, kemudian diterapkan dengan maksimal. (julianus ratno/bah)