Waspadai Pemilih Siluman di Pilkada

Sanggau

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 205

Waspadai Pemilih Siluman di Pilkada
Ilustrasi. Net
SANGGAU, SP - KPU Kabupaten Sanggau berencana menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilgub Kalbar dan Pilbup Sanggau 2018, Kamis (15/3) hari ini. 

“Kita tentu berharap tidak ada data bermasalah dalam DPS yang akan ditetapkan KPU nanti. Karena data bermasalah akan berpengaruh pada lancarnya penyelenggaraan Pilkada tahun ini,” kata Tokoh Masyarakat Sanggau, Heriyanto, Rabu (14/3).

Ia pun mengajak semua pihak, termasuk para tim pasangan calon untuk bersama-sama menyisir DPS. Tak boleh ada DPS yang tidak jelas asal-usulnya atau bisa dikatakan calon pemilih ‘siluman’.

Menurut Heriyanto, data bermasalah bisa dilihat dari Nomor Induk Kependudukan (NIK). Kalau ada NIK ganda berarti diduga itu masuk kategori data bermasalah. Kemudian bisa juga dilihat dari nomor Kartu Keluarga (KK), masuk dalam DPS tapi tidak memiliki KK atau nomor KK yang sama. 

“Ini harus menjadi perhatian bersama, khususnya KPU. Soal NIK dan KK memang urusan Dukcapil, tetapi verifikasi menjadi urusan KPU. Intinya kita tidak ingin ada pemilih siluman dalam Pilkada,” tegasnya.

Selain itu, Heriyanto menambahkan, jangan sampai masyarakat yang harusnya punya hak pilih, tetapi tidak masuk dalam daftar pemilih. 

“Misalnya pada Pilkada atau Pileg lalu yang bersangkutan masuk dalam DPT, tetapi pada Pilkada 2018 tidak (masuk dalam DPT). Kita berharap masalah demikian tidak terjadi,” katanya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar berperan aktif untuk mengecek apakah namanya masuk daftar pemilih atau tidak. 

“Kalau tidak masuk segera sampaikan ke perangkat desa setempat. Segera diurus,” pungkasnya. (jul/bah)