UNBK Hari Pertama Berjalan Lancar

Sanggau

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 183

UNBK Hari Pertama Berjalan Lancar
MONITORING - Pjs Bupati Sanggau, Moses Tabah (depan) didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau, Sudarsono saat monitoring pelaksanaan UNBK di SMAN 1 Sanggau. (SP/Ratno)
SANGGAU, SP -  Pjs Bupati Sanggau, Moses Tabah didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau, Sudarsono melakukan monitoring pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hari pertama, Senin (9/4/).

 Selain memantau UNBK SMA, SMP yang menyelenggarakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) juga dikunjungi.

“Hari ini (kemarin, red), saya bersama Pak Moses Tabah melakukan monitoring ke SMP 1 Sanggau dan yang melaksanakan USBN dan SMA Negeri 1 Sanggau yang melaksanakan UNBK,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau, Sudarsono ditemui di ruang kerjanya, Senin (9/4).

UNBK SMA/MA, kata dia, digelar hingga 12 April mendatang, sedangkan USBN digelar hingga 16 April 2018. 

“Puji Tuhan hari pertama UNBK tingkat SMA di dalam kota berjalan lancar. Kalau di kecamatan, informasi yang saya peroleh sempat listrik padam, yakni di SMA Negeri 1 Balai, tapi tidak lama,” jelas Sudarsono.

Ia pun mengapresiasi pihak PLN yang ikut melakukan monitoring ke sekolah penyelenggara UNBK. 

“Tadi (kemarin, red), ada perwakilan dari PLN yang ikut kita. Ini menunjukkan kepedulian PLN terhadap pelaksanaan UNBK. Mudah-mudahan, sampai selesai UNBK SMA ini, listrik aman-aman saja,” harap Sudarsono.

Disinggung jaringan internet dari Telkom? Ia mengatakan tidak ada kendala. 

“Untuk internet dan server tidak ada masalah. Berjalan aman dan lancar, sama seperti PLN saya yakin pihak Telkom juga ingin pelaksanaan UNBK berjalan sukses,” ujar Sudarsono.

Ia menambahkan, tahun ini, seluruh SMA di Kabupaten Sanggau sudah melaksanakan UNBK, yakni sebanyak 30 sekolah, baik Negeri, Swasta dan MA. Dengan jumlah peserta ujian sebanyak 2.892 peserta, terdiri dari 905 program studi IPA dan 1.987 program studi IPS.  

Sudarsono merinci, untuk SMA negeri ada 17 sekolah yang menyelenggarakan UNBK. Yakni SMAN 1 Sanggau, SMAN 2 Sanggau, SMAN 3 Sanggau, SMAN 1 Bonti, SMAN 1 Meliau, SMAN 2 Meliau, SMAN 1 Tayan Hulu, SMAN 1 Balai, SMAN 1 Tayan Hilir, SMAN 1 Toba, SMAN 1 Kembayan, SMAN 1 Beduai, SMAN 1 Sekayam, SMAN 2 Sekayam, SMA N 1 Noyan dan SMAN 1 Jangkang. Dengan jumlah peserta ujian sebanyak 2.150 siswa, terdiri dari 735 program studi IPA dan 1.415 program studi IPS.

Kemudian, lanjut dia, SMA swasta ada 9 sekolah, meliputi SMA Donbosco Sanggau, SMA PGRI 1 Sanggau, SMA Anak Negeri Sanjan, SMA Karya Kasih Parindu, SMA PGRI 3 Tayan Hulu, SMA Wiyata Mandala Balai, SMA PGRI 2 Kembayan, SMA Pelita Jaya Jangkang dan SMA Widya Bakti Jangkang. Totalnya ada 552 peserta UNBK, terdiri dari 96 program studi IPA dan 456 program studi IPS.

“Untuk MA ada 4 sekolah. Terdiri dari MAN Sanggau, MAS Al Mizan Sekayam, MAS Fadhilah Kembayan dan SMTK Kapernaum. Jumlah pesertanya sebanyak 190 siswa, terdiri dari 74 program studi IPA dan 116 program studi IPS,” tutup Sudarsono. (jul)