Operasi Patuh 2018 Dimulai

Sanggau

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 76

Operasi Patuh 2018 Dimulai
SEMATKAN PIN - Kapolres Sanggau, AKBP Rachmat Kurniawan menyematkan pin pelaksanaan Operasi Patuh 2018 dalam apel gelar pasukan di halaman Mapolres Sanggau, Kamis (26/4). (SP/Ratno)
SANGGAU, SP - sebagai upaya membangun kesadaran dan pemahaman masyarakat untuk sadar dan patuh pada peraturan lalu lintas. Polri menggelar Operasi Patuh 2018 selama 14 hari, mulai 26 April  hingga 9 Mei 2018.

“Pelanggaran secara umum dari tahun lalu mengalami kenaikan, sehingga perlu dilakukan penertiban dengan melaksanakan Operasi Patuh, terutama dalam menghadapi bulan Ramadan dan Idul Fitri tahun ini,” kata Kapolres Sanggau, AKBP Rachmat Kurniawan saat memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh 2018 di halaman Mapolres Sanggau, Kamis (26/4).

Hadir dalam apel gelar pasukan yang diikuti sekitar 100 personel itu, Wakapolres Sanggau, Kompol Dudung , Satpol PP Sanggau serta perwakilan Dishub Kabupaten Sanggau.

Menurut Rachmat, tingginya angka kecelakaan lalu lintas juga disebabkan beberapa faktor. Diantaranya, banyak pengguna jalan yang masih belum memiliki sim serta pengendara di bawah umur.

Kepada anggota yang bertugas, Kapolres mengingatkan agar tidak lupa selalu memanjatkan doa dan tetap sesuai dengan prosedur. Kedepankan sinergitas, utamakan keselamatan personil, jaga stabilitas situasi dan kondisi dalam rangka Pilkada 2018, sehingga operasi patuh tersebut tidak menimbulkan ekses dalam peserta demokrasi.

Rachmat juga memerintahkan untuk melakukan sosialisasi pada sasaran saat bertugas. Terutama pengemudi yang menggunakan handphone, pengguna jalan yang melawan arus, pengguna kendaraan berboncengan lebih dari satu, pengemudi dibawah umur, penggunaan helm SNI.

Kemudian, lanjut Kapolres, pada penggunaan kendaraan bermotor tidak stabil yang disebabkan pengguna dalam keadaan mabuk, pengguna jalan yang melebihi kecepatan. “Operasi Patuh ini untuk menekan angka kecelakaan, bukan berlomba untuk memperbanyak penilangan atau penindakan, sehingga Sanggau lebih maju dalam berlalu lintas,” pungkasnya. (jul/jek)