Peringatan HKG PKK ke 46 di Sanggau, Tingkatkan Daya Kreatifitas Dan Inovasi Dalam Pengembangan Program

Sanggau

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 256

Peringatan HKG PKK  ke 46 di Sanggau, Tingkatkan Daya Kreatifitas Dan Inovasi Dalam Pengembangan Program
POTONG TUMPENG - Pjs Bupati Sanggau, Moses Tabah memotong tupeng pada peringatan HKG PKK ke-46 di Aula Dispenda Sanggau, Selasa (15/5). (SP/Julianus)
Tim Penggerak PKK kabupaten bersama TP PKK kecamatan dan kelurahan se-Kabupaten Sanggau menggelar peringatan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) ke-46 secara sederhana, Selasa (15/5). 

SP - Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Dispenda itu dihadiri Pjs Bupati Sanggau, Moses Tabah. Hadir pula kepala OPD, para camat serta para lurah. Kemudian, disampaikan juga sejarah singkat lahirnya Gerakan Program PKK oleh Wakil Ketua TP PKK, Ny Yustina Andeng Suseno.

Ketua Umum TP PKK Pusat, Ny dr Erni Guntarti Tjahyo Komolo dalam sambutannya yang dibacakan Pjs Ketua TP PKK Kabupaten Sanggau, Ny Emelda Moses Tabah mengatakan, Tim Penggerak PKK memiliki peranan yang sangat penting dalam menggerakkan dan memberdayakan kesejahteraan keluarga.

“Saya ingin mendorong semua jajaran TP PKK agar senantiasa memberikan contoh nyata dan keteladanan dalam ikut serta menciptakan kerukunan keluarga dan lingkungan. Secara bersama-sama turut mewujudkan Indonesia yang aman nyaman, tentram dan damai,” katanya.

PKK juga dituntut menjembatani peran setiap orang dalam rumah tangga untuk membangun ketahanan keluarga sesuai tema peringatan , yakni Kerukunan Dalam Keluarga dan Lingkungan Untuk Wujudkan Indonesia Damai.

PKK juga harus memiliki karya nyata dan karya itu tidak akan terwujud tanpa kerja, tetapi berkaryalah dengan cerdas, terampil dan hati yang luhur. 

“Tingkatkan daya kreatifitas dan inovasi dalam pengembangan program program PKK. Semua itu harus dicapai melalui karya inisiatif dan ketekunan,” ujarnya.

Sementara itu, Pjs Bupati Sanggau, Moses Tabah mengatakan, Tim Penggerak PKK merupakan mitra kerja pemerintah. Keberadaan PKK, akan mampu menjadi pembangkit perekonomian keluarga dan masyarakat. Karena PKK merupakan salah satu unsur penggerak pembangunan, para kader dan penggerak PKK beserta jajarannya harus memadukan gerak langkah dalam menjalankan program pemberdayaan masyarakat. Seluruh upaya yang dilakukan penggerak PKK bertujuan untuk mewujudkan keluarga yang sehat bahagia dan sejahtera.

“Melalui peringatan HKG PKK ke 46 ini, mari kita instrospeksi diri dalam rangka mengevaluasi apa saja yang telah dilakukan PKK selama satu tahun ini. Sehingga kedepann kiprah PKK dapat lebih ditingkatkan dalam rangka pelaksanaan 10 Program Pokok PKK,” harapnya. (julianus ratno)