219 Pengawas TPS Kapuas Dilantik, Diminta Mampu Laksanakan Amanah dengan Tanggung Jawab

Sanggau

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 124

219 Pengawas TPS Kapuas Dilantik, Diminta Mampu Laksanakan Amanah dengan Tanggung Jawab
PELANTIKAN - Pengawas TPS dan PPL Kecamatan Kapuas saat diambil sumpah dan janjinya di Aula Kantor Bapenda Sanggau, Selasa (5/6). (SP/Ratno)
Ketua Panwascam Kapuas, Fajar Sudardi mengingatkan enam tugas pokok pengawas TPS pada pelaksanaan Pilgub Kalbar dan Pilbup Sanggau 2018. Hal itu disampaikannya saat melantik 219 Pengawas TPS Kecamatan Kapuas dan 26 Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) Kecamatan Kapuas.

SP - “Pertama, mengawasi persiapan pemungutan suara, kemudian melakukan pengawasan saat pemungutan suara; mengawasi proses perhitungan suara; menyampaikan keberatan jika ada pelanggaran, menerima salinan berita acara proses pemungutan suara dan terakhir menyampaikan hasil pengawasan,” katanya di aula Kantor Bapenda Sanggau, Selasa (5/6).

Kepada pengawas yang dilantik, Fajar meminta agar mampu melaksanakan amanah dengan penuh tanggung jawab. “Juga harus menjaga integritas dan tidak terkontaminasi kepentingan politik,” tegasnya.

Selain itu, mereka juga diminta bekerja profesional. Fajar mengingatkan, pengawas TPS merupakan ujung tombak dalam pengawasan di setiap TPS, khususnya pada saat pencoblosan. Untuk itu, pengawas TPS yang sudah diambil sumpah dan janjinya wajib menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sesuai tupoksinya.

Pengawas TPS, lanjut dia, harus siap siaga dalam menjalankan tugas mulai saat pencoblosan hinga penghitungan suara. Begitu juga komunikasi yang baik harus dibangun dengan PPL, Panwascam serta pihak terkait dan lingkungan sekitar lokasi TPS yang diawasi.

Sementara itu, Camat Kapuas, Alipius juga berpesan agar para pengawas yang telah dilantik menjalankan amanahnya dengan baik dan penuh tanggung jawab. “Selamat bertugas mulai dari sekarang hingga tujuh hari setelah pemungutan suara. Tetap berpegang pada integritas, jaga netralitas serta jujur dan adil. Mari kita sukseskan Pilkada serentak ini agar berjalan dengan baik, lancar, aman dan kondusif,” tutupnya. (julianus/jek)