Ini Total DPT Usai Pleno Perbaikan KPU Sanggau

Sanggau

Editor Indra W Dibaca : 176

Ini Total DPT Usai Pleno Perbaikan KPU Sanggau
Suasana Rapat Pleno Penetapan DPT Hasil Perbaikan. (SP/Jul)
SANGGAU, SP - KPU Kabupaten Sanggau akhirnya menyelesaikan rapat pleno terbuka perbaikan DPT Pilgub Kalbar dan Pilbup Sanggau tahun 2018, Rabu (6/6). Berlangsung sejak 5 Mei kemarin, DPT hasil perbaikan ditetapkan 306.656 pemilih. Jumlah itu bertambah dari DPT sebelumnya yakni 299.956 pemilih.

Rapat yang berlangsung di Aula KPU Sanggau itu dipimpin langsung Ketua KPU Sanggau, Sekundus Ritih dan didampingi tiga Komisioner KPU lainnya yakni Hamka Surkati, Gusti Darmudin, Sumarto.

Hadir Sekretaris KPU, Andi Hasanudin, Ketua Bawaslu Sanggau  Inosensius dan didampingi komisioner yakni Ahmad Zaini dan Alipius. Sekretaris Dukcapil,  Nirius, Kepala Kantor Kesbanpolinmas, Antonius.S.Sos, LO Pasangan YAS, Abang Adi Subrata dan Slamet serta perwakilan LO Pasangan PH-YO, Heriyanti dari PDIP dan Isnardi LO dari PKS.

Ketua KPU Sanggau Sekundus Ritih mengatakan, rapat pleno hari ini diselenggarakan sesuai Surat Edaran KPU RI nomor 529/PP.05-SD/01/KPU/V/2018 tentang penyampaian hasil pencermatan data pemilih AC.KWK pemilihan 2018 tertanggal 25 Mei 2018 dan surat rekomendasi Panwaslu Sanggau nomor B-0184/K.BAWASLU-PROV_KB-10/PM.05.02/06/2018 tentang rekomendasi DPT pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sanggau tahun 2018.

"Tadinya ada data warga yang belum diketahui penduduk Sanggau atau bukan karena belum ada KTP elektronik sebagian sudah ditemukan, itu yang dimasukan ke dalam DPT. Kemudian ada juga pemilih yang semulanya masuk dalam DPS ternyata di DPT tidak masuk, itu kita masukan juga," katanya.

KPU, lanjut Sekundus, juga membuang DPT ganda baik di dalam satu TPS, di luar TPS maupun tidak memenuhi syarat terdaftar sebagai pemilih.

"Misalnya sudah meninggal, bukan lagi penduduk Sanggau atau sudah menjadi anggota TNI/Polri. Itu yang kita lakukan hari ini," terangnya. (jul)