61 Napi di Sanggau Diusulkan Dapat Remisi Lebaran

Sanggau

Editor Indra W Dibaca : 211

61 Napi di Sanggau Diusulkan Dapat Remisi Lebaran
Kepala Rutan Kelas IIB Sanggau, Isnawan. (SP/Jul)

SANGGAU, SP - Sebanyak 61 narapidana (napi) di Rutan Kelas IIB Kabupaten Sanggau diusulkan mendapat remisi Idulfitri 1439 H. Dari jumlah napi yang bakal dapat pengurangan masa pidana khusus itu, 1 orang di antaranya langsung bebas.
Remisi khusus itu terdiri dari dua kategori, yaitu RK1 bagi napi yang masih menjalani sisa hukuman pidana dan RK2 bagi napi yang langsung bebas.

“Untuk remisi khusus hari raya keagamaan RK1 kita usulkan 61 orang. Untuk RK2 ada 1 orang, RK 1 yang terkait PP Nomor 99 tahun 2012 kita usulkan 11 orang,” kata Kepala Rutan Kelas IIB Sanggau, Isnawan ditemui di kantornya, pekan kemarin.

Mereka yang diusulkan mendapat remisi khusus ini, dijelaskan dia, berasal dari kasus umum seperti human trafficking, kepabeaan, kesusilaan, pengelapan, penganiayaan, pencurian, pornografi, kasus kekerasan dalam rumah tangga dan kasus narkotika terkait PP 99 Tahun 2012.

“Besaran remisi khususnya ini 15 hari sampai satu bulan. Ada yang paling tinggi yakni 1 bulan 15 hari,” kata Isnawan.

Pemberiaan remisi itu harus memenuhi ketentuan yang berlaku, yakni memenuhi persyaratan administratif dan substantif.
Untuk besaran remisi, ia menambahkan, 15 hari bagi narapidana dan anak pidana yang menjalani 6 sampai 12 bulan, 1 bulan bagi narapidana dan anak pidana yang menjalani 12 bulan atau lebih. Kemudian, tahun kedua dan ketiga diberi remisi 1 bulan, tahun keempat dan kelima diberi remisi 1 bulan 15 hari, tahun keenak dan seterusnya diberi remisi 2 bulan.

“Pemberian remisi kita rencanakan setelah atau sebelum Salat Idulfitri di dalam rutan. Saya berharap dengan pemberiaan remisi ini, para warga binaan dapat lebih intropeksi dan menyadari kesalahannya, sehingga merubah perilaku menjadi lebih baik,” pungkas Isnawan. (jul)