Mudik Lebaran, Dishub Sanggau Siapkan 56 Armada Bus

Sanggau

Editor Indra W Dibaca : 259

Mudik Lebaran, Dishub Sanggau Siapkan 56 Armada Bus
Suasana arus mudik di Terminal Bis Sanggau. (SP/Jul)

SANGGAU, SP - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sanggau menyiapkan 56 armada untuk mengantisipasi lonjakan pemudik serta berbagai persoalan yang bisa saja mucul pada angkutan Lebaran tahun ini. Namun hingga H-4 Idul Fitri, lonjakan penumpang di terminal bis kota Sanggau belum signifikan.

“Kita menyiapkan 56 armada angkutan umum. Alhamdulillah, sampai hari ini (kemarin, red) arus mudik ramai lancar, tapi belum terlihat lonjakan penumpang yang berlebihan. Kalaupun ada, kita punya armada yang cukup mengatasi itu,” kata Kasi Angkutan Jalan Dinas Perhubungan Kabupaten Sanggau, Hawari ditemui di Terminal Bis Sanggau, Minggu (10/6).

Menurutnya, sedikitnya tercatat 200 penumpang yang menggunakan bis angkutan umum di Terminal Bis Sanggau.

“Sampai siang ini (kemarin, red), ada 8 armada bis yang berangkat dengan jumlah penumpang sekitar 200-an orang,” terang Hawari.

Ia menyebut, selain menggunakan angkutan umum berupa bis, pemudik juga lebih banyak menggunakan taksi untuk mudik.

“Iya, ada angkutan taksi juga. Itu yang kadang susah kita kontrol. Tapi selama ini memang seperti itu, penumpang lebih banyak yang memilih taksi karena mungkin ada AC-nya kali,” kata Hawari.

Pantauan Suara Pemred di Pangkalan Erna, Jalan H. Agus Salim, Kelurahan Beringin, Kecamatan Kapuas, jalur arus mudik long boat itu masih normal.

“Sekitar 200-an, karena karyawan (PT Erna) ini kan pulangnya bertahap, sepertinya memang sudah diatur seperti itu,” ujar Satria, petugas Dishub di Panglaman Erna.

Menurut dia, selain mudik lewat Pangkalan Erna, karyawan di sana juga ada yang lewat Sungai Batu.

 “Ada juga yang lewat Sungai Batu. Di sana mereka bisa langsung pakai motor setelah pakai speed kecil,” kata Satria.

Sekedar informasi, Polres Sanggau bersama dinas/instansi terkait telah membangun Pos Pelayanan Terpadu di sejumlah titik di Kabupaten Sanggau. Di antaranya di Pasar Pujasera Kelurahan Ilir Kota, Toba, Tayan Hilir, Tayan Hulu, Kembayan, Sekayam dan Entikong. (jul)