Arus Balik Lebaran, Dewan Minta Pemudik Utamakan Keselamatan

Sanggau

Editor Indra W Dibaca : 173

Arus Balik Lebaran, Dewan Minta Pemudik Utamakan Keselamatan
Wakil Ketua DPRD Sanggau, Hendrikus Bambang. (SP/Jul)
SANGGAU, SP - Wakil Ketua DPRD Sanggau, Hendrikus Bambang meminta pemudik arus balik Lebaran 1439 H agar mengutamakan keselamatan serta memastikan kelengkapan kendaraan beserta surat-surat kendaraannya.

“Kepada pemudik, saya minta jangan memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi. Begitu juga dengan para supir taksi atau angkutan umum lainnya, utamakan keselamatan diri dan penumpang,” katanya, Senin (18/6).

Legislator Partai Golkar ini memprediksi, puncak arus balik akan terjadi pada tanggal 19 dan 20 Juni. Untuk itu, Bambang meminta kepada petugas kepolisian dan pihak terkait lainnya terus bekerja keras agar kendaraan arus balik lancar, tidak terjadi kemacetan dan hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, ia juga meminta kepada pemudik agar tidak pilih-pilih saat memanfaatkan rest area. Hal itu penting untuk menghindari penumpukan kendaraan.

“Mampir saja di rest area yang masih sepi,” harap Bambang.

Kepada pemilik jasa angkutan, ia mengingatkan turut memperhatikan keselamatan supir dan penumpang dengan cara memilih supir yang baik.

“Pastikan supir dalam kondisi baik. Dan penumpang juga jangan takut atau ragu untuk mengingatkan supir kalau sang supir mengendari kendaraan dengan kecepatan tinggi,” ujar Bambang.

Untuk pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, terutama yang beriringan, ia juga meminta agar tidak kebut-kebutan.

“Biasanya kalau mudik menggunakan sepeda motor, mereka rombongan, beriringan dua, tiga bahkan lebih. Nah ini yang rawan kalau tidak hati-hati, jaga jarak dan jangan kebut-kebutan,” pungkas Bambang. (jul)