Calon Wabup Sanggau Ancam Turunkan Massa Demo KPU, Ini Penyebabnya

Sanggau

Editor Indra W Dibaca : 398

Calon Wabup Sanggau Ancam Turunkan Massa Demo KPU,  Ini Penyebabnya
Fransiskus Ason. (SP/Jul)
SANGGAU, SP – Masih ditemukannya DPT ganda membuat Calon Wakil Bupati (Wabup) Sanggau nomor urut 1, Fransiskus Ason berang. Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sanggau ini bahkan mengancam akan mendemo KPU setempat sebagai pihak yang bertanggungjawab atas masalah DPT itu. 

"Jadi percuma rapat pleno kemarin, ngabiskan anggaran jak. Mestinya data-data yang ganda sudah dihapus. Jika ini dibiarkan dan tidak diperbaiki, saya yang akan memimpin masa mendemo KPU,” tegas Ason, Sabtu (23/6).

Sementara itu, LO pasangan Yansen - Ason Abang Adi Subrata menyampaikan, berdasar hasil rapat pleno DPT perbaikan tanggal 6 Juni 2018 di Aula KPU Sanggau, pihaknya memprotes 13.000 lebih data ganda.

"Dalam rapat itu, kami minta DPT yang ditemukan ganda diperbaiki. KPU memang memerintah PPS untuk menghapus DPT ganda. Tapi perintahnya hanya dalam bentuk lisan bukan dalam bentuk surat. Yang menjadi pertanyaan, apakah data itu mereka hapus atau belum? Saat kami terima DPT perbaikan tanggal 20 Juni 2018 kemarin masih kami temukan DPT ganda,” katanya. 

Hasil kroscek DPT perbaikan, lanjut Adi sapaan akrabnya, masih ditemukan ribuan data ganda. 

“Kecamatan Tayan Hulu misalnya, kami temukan 2073 DPT ganda, Sekayam ada 600 lebih DPT ganda, itu baru dua Kecamatan, belum Kecamatan lain,” beber Adi. 

Temuan DPT ganda juga disampaikan Luanga, tim YAS Kecamatan Jangkang.
 

“TPS Jangkang 85 persen doble semua. Ada satu orang dapat dua surat undangan. Kalau mau bukti saya bawa orang saya yang punya surat undangan dobel,” pungkasnya. (jul)