Sekundus: Yang Menghapus DPT Ganda Bukan KPU, tapi KPPS

Sanggau

Editor Indra W Dibaca : 239

Sekundus: Yang Menghapus DPT Ganda Bukan KPU, tapi KPPS
Ketua KPU Sanggau, Sekundus. (SP/Jul)
SANGGAU, SP - Ketua KPU Kabupaten Sanggau, Sekundus menyampaikan, pihaknya sudah meminta KPPS untuk menghapus DPT ganda. 

"Yang menghapus bukan KPU tapi di KPPSnya, itu sudah kita sampaikan ke KPPS. Jadi sekarang kan mereka sedang membuat C6 berdasarkan salinan DPT yang mereka terima dan begitu ditemukan DPT ganda langsung mereka hapus di tingkat mereka," katanya menanggapi protes Calon Wabup Sanggau nomor urut 1, Fransiskus Ason. 

Sekundus melanjutkan, DPT ganda yang sudah dihapus itu selanjutnya digunakan KPPS untuk pencoblosan pada tanggal 27 Juni nanti.

"Yang ganda-ganda itu otomatis hanya satu saja yang boleh nyoblos sambil mereka terus menginventarisir, itu yang kita sampaikan ke mereka," jelasnya. 

Disinggung rekomendasi Panwaslu, Sekundus mengaku sudah menindaklanjutinya. 

“Sudah kita tindaklanjuti, hari terakhir kemarin sama-sama kita buang berdasarkan data yang kami terima dari Panwaslu," katanya. 

Sekundus juga meminta semua pihak untuk mengawasi. 

“Kita sama-samalah mengawasinya, tidak mungkin hanya kami sendiri yang mengawasi, peran masyarakat untuk mengawasinya sangat penting. Yang bisa kami lakukan sudah memerintahkan jajaran di tingkat bawah untuk menginventarisir DPT ganda, kalau ditemukan yang seperti itu pasti dihapus oleh petugas KPPS," katanya.

Sekundus menambahkan, KPU juga ada mekanisme pengisian daftar hadir C7 di TPS yang harus diisi oleh pemilih.
 

“Jadi KPPS wajib mengumpulkan C7 dan daftar Pemilih Tambahan A-Tb per TPS sebagai bahan croscheck penggunaan hak pilih," tutupnya. (jul)