Lagi! Pagar Pembatas Negara di Entikong Jebol

Sanggau

Editor Indra W Dibaca : 241

Lagi! Pagar Pembatas Negara di Entikong Jebol
Pagar pembatas negara di Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalbar yang rusak. (Ist)
SANGGAU, SP - Aktivitas ilegal atau penyelundupan antar-negara masih terus terjadi di wilayah Entikong, Kabupaten Sanggau. Buktinya, meski sudah beberapa kali diperbaiki, pagar pembatas negara di wilayah perbatasan itu kembali dirusak.

Rusak dan bolong-bolongnya pagar pembatas di sayap kiri PLBN Entikong itu diketahui saat Polsek Entikong bersama Koramil Entikong melakukan patroli gabungan di sekitar PLBN, Rabu (11/7). Selain itu, aparat juga menemukan sejumlah jalan tikus yang terhubung langsung dengan wilayah negara tetangga, Malaysia.

Untuk diketahui, Kecamatan Entikong berbatasan langsung dengan Tebedu, Sarawak, Malaysia dan PLBN yang menjadi pembatas resmi kedua negara. Karena ketatnya pengawasan di PLBN itu, para pelaku penyelundupan kerap melancarkan aksinya melalui jalur  tikus dengan cara melibangi pagar-pagar pembatas yang terbuat dari kawat.

“Patroli ini untuk antisipasi keluar masuknya barang dan orang melalui jalur tikus,” kata Panit Sabhara Polsek Entikong, Ipda Sahid.

Menurut dia, pihaknya sudah beberapa kali memperbaiki kerusakan pagar pembatas itu di sejumlah titik. Namun, pasca diperbaiki pagar tersebut kembali dijebol oknum yang melintasi jalur pelolosan itu.

“Bolongnya itu cukup besar, bisa dilalui dua manusia dewasa. Ada dua titik yang bolong di sayap kiri PLBN dan sekarang sudah kita tutup bolongnya. Pagarnya ini terbuat dari kawat besi, tapi kalau orang mau nekat, diputus pakai pemotong kawat juga bisa karena kawatnya itu sebesar lidi saja,” terang Sahid.

Untuk memantau jalan tikus ini, Polsek bersama Koramil Entikong akan terus mengintensifkan patroli di jalur tersebut. Patroli dilakukan dengan waktu random agar pergerakan aparat tidak tercium para pelaku kegiatan ilegal. (jul)