KPU Sanggau: Mantan Koruptor Dilarang Nyaleg

Sanggau

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 102

KPU Sanggau: Mantan Koruptor Dilarang Nyaleg
Ilustrasi. (Net)
SANGGAU, SP - Ketua KPU Kabupaten Sanggau, Sekundus Ritih mengatakan, mantan narapidana korupsi dilarang menjadi calon legislatif. Larangan itu tertuang dalam PKPU Nomor 20 Tahun 2018 pada pasal 4 ayat (3).

“Selain mantan koruptor, pelaku kejahatan seksual terhadap anak dan bandar narkoba juga tidak boleh nyaleg. Dan aturan ini sudah kita sosialisasikan kepada partai politik peserta pemilu di Kabupaten Sanggau,” kata Sekundus Ritih, Selasa (17/7).

Untuk mantan terpidana di luar tiga kasus tersebut, dijelaskan Sekundus, wajib melampirkan surat keterangan dari kepala lembaga permasyarakatan, salinan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap, surat dari pemimpin redaksi media massa lokal atau nasional dan bukti pernyataan atau pengumuman yang dimuat di media massa lokal atau nasional.

Ia berharap, Pemilu 2019 nanti berjalan lancar aman dan damai. “Menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mewujudkan Pemilu yang damai,” tutupnya. 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengeluarkan aturan larangan bagi mantan narapidana kasus korupsi atau koruptor maju menjadi caleg. Larangan tersebut termaktub dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota. 

PKPU itu ditetapkan dan diteken oleh Ketua KPU Arief Budiman tertanggal 30 Juni 2018 dan langsung diumumkan di Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum KPU sehingga secara otomatis langsung berlaku. Larangan eks koruptor menjadi caleg tercantum dalam Pasal 7 ayat (1) huruf h.(jul/det/jek)