Warga Sanggau Keluhkan Listrik Sering Padam

Sanggau

Editor Indra W Dibaca : 110

Warga Sanggau Keluhkan Listrik Sering Padam
Ilustrasi. (Net)
SANGGAU, SP - Sejumlah warga kembali mengeluhkan pemadaman listrik di wilayah Kabupaten Sanggau yang semakin sering terjadi. Bahkan, pemadaman secara mendadak itu terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama.

"Pemadaman listrik yang dilakukan PLN sudah sangat keterlaluan. Dalam seminggu bisa dua sampai tiga kali padam. Kondisi ini juga sudah berlangsung lama, bukan baru tahun ini saja," kata Budi, warga Kelompu, Kecamatan Kembayan, Sanggau, Minggu (5/8).

Ia mencontohkan pemadaman yang terjadi pada Sabtu, (4/8) lalu. Budi menyebut dalam sehari terjadi empat kali listrik padam.

"Sabtu kemarin, pagi, siang, sore dan malam listrik padam. Siapa coba yang tidak kecewa dengan pelayanan PLN seperti ini," ujarnya.

Untuk itu, Budi berharap masalah listrik yang dialami masyarakat selama ini mendapat perhatian serius dari pemerintah pusat.

"Menjadi pertanyaan kami, kenapa dari dulu sampai sekarang kendala atau penyebab pemadaman listrik tidak bisa diatasi PLN. Pemadaman masih saja terjadi sampai saat ini," kesalnya.

Kepada para wakil rakyat, Budi meminta agar persoalan ini juga menjadi pembahasan dan dibawa dalam rapat internal DPRD melalui komisi terkait. Apalagi, listrik ini adalah salah satu kebutuhan dasar masyarakat yang harusnya terlayani dengan baik.

Sebagai perwakilan rakyat, ia juga berharap, isu listrik di Sanggau, terutama di wilayah kecamatan yang sering padam dibawa ke pemerintah pusat.

"Tolong sampaikan ke pusat tentang kondisi listrik sebenarnya di Kabupaten Sanggau. Sampaikan masyarakat sudah sangat kecewa dengan layanan listrik PLN, selalu padam dan padam," ujar Budi.

Keluhan yang sama juga disampaikan Yanti, warga Simpang Tanjung, Desa Binjai, Kecamatan Tayan Hulu. 

"Akhir-akhir ini listrik semakin sering padam, dalam sehari bisa dua sampai tiga kali. Seperti pada hari Sabtu kemarin, empat kali lampu padam," katanya.

Menurut Yanti, pemadaman listrik selalu terjadi di hari Sabtu dengan waktu yang lumayan lama.

"Kalau hari Sabtu, listrik padam dari pagi, biasanya sore hari baru hidup. Ini ada apa, coba pihak PLN jelaskan kepada masyarakat," tandasnya.

Selain itu, Yanti juga berharap seringnya listrik padam menjadi catatan DPRD Sanggau untuk selanjutnya menjadi bahan pembahasan melalui komisi terkait. 

"Tolong dengarkan keluhan masyarakat, sampaikan juga ke pusat," pungkasnya. (jul)