MK Tolak Gugatan Yansen-Ason

Sanggau

Editor Indra W Dibaca : 212

MK Tolak Gugatan Yansen-Ason
SANGGAU, SP - Mahkamah Konstitusi (MK) menolak permohonan gugatan perkara Pilkada Sanggau tahun 2018 yang diajukan pasangan calon nomor urut 1, Yansen Akun Effendy-Fransiskus Ason.

Itu artinya, MK mengabulkan eksepsi yang diajukan KPU Kabupaten Sanggau yang memutuskan pasangan calon nomor urut 2, Paolus Hadi-Yohanes Ontot.

"Iya betul, dalam putusannya yang dibacakan dalam sidang hari ini,  MK menolak permohonan gugatan yang diajukan paslon nomor urut 1,” kata Juru Bicara Paslon Paolus Hadi-Yohanes Ontot, Andriyus Wijaya via WhatsApp, Jumat (10/8)

Ia mengaku, sejak awal pihaknya sudah yakin MK akan menolak permohonan pemohon yang meminta MK untuk membatalkan surat keputusan KPU Sanggau mengenai penetapan rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2018.

Keyakinannya itu didasari  analisa terhadap 2 kali sidang yang telah berlangsung sebelumnya dan mendalami materi yang disampaikan oleh Pemohon, Termohon, Panwaslu dan pihak terkait serta mempelajari beberapa putusan MK terkait sengketa pilkada serentak periode sebelumnya.

“Menurut pihak kami, hal yang paling mendasar ditolak gugatan oleh paslon nomor 1 Yansen-Ason adalah tidak terpenuhi persyaratan sebagaimana telah diatur dalam pasal 158 ayat (2) UU Nomor 10 Tahun 2016 dan pasal 7 ayat (2) huruf b Peraturan MK Nomor 5 Tahun 2017. Dan dalam sidang pengucapan putusan hari ini, apa yang kami yakini terjawab sudah. MK menolak permohonan gugatan pemohon,” pungkas Andri yang ikut menyaksikan langsung jalannya sidang di MK. (jul)