Mantan Kepala Sekolah di Sekadau Terkena OTT

Sanggau

Editor Jindan Dibaca : 395

Mantan Kepala Sekolah di Sekadau Terkena OTT
Barang bukti yang disita
SEKADAU, SP - Tim Saber Pungli melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) seorang mantan kepala sekolah swasta, yang diduga melakukan tindakan pungutan liar terhadap para siswa yang hendak mengambil ijazah.

 Kasat Reskrim Polres Sekadau IPTU M Ginting menuturkan, OTT terhadap kepala sekolah swasta berinisial DEH alias D dilakukan pada Selasa (4/9).

Setelah sebelumnya, pihaknya mendapat informasi tentang adanya pungutan tidak wajar, sebesar Rp. 300 Ribu per ijazah. Mendapat Informasi tersebut Unit Dua Sat Reskrim Polres Sekadau selaku Unit Pokja Penindakan Tim Saber Pungli Kabupaten Sekadau melakukan penyelidikan dan merencanakan dilaksanakannya Operasi Tangkap Tangan (OTT).

"Dimana pada saat akan mengambil Ijazah, para siswa tersebut diwajibkan untuk membayar uang sebesar Rp 300.000,- (Tiga Ratus Ribu Rupiah) dan Ijazah tersebut harus diambil di rumahnya," ujar Ginting kepada awak media, Minggu (9/9).

Ginting melanjutkan, setelah dilakukan pengintaian terhadap DEH di kediamannya pada Selasa (4/9), petugas mendapati satu orang tua murid sekolah swasta datang ke rumah DEH, dan mengambil ijazah. Tidak berselang lama, Unit Pokja Penindakan Saber Pungli Kabupaten Sekadau melakukan Operasi Tangkap Tangan terhadap Saudara DEH.

 "Saat itu, DEH tidak menyangkal akan perbuatannya dalam memungut uang sebesar Rp 300.000,- (Tiga Ratus Ribu Rupiah) kepada setiap siswa yang lulus tahun 2018 bila akan mengambil Ijazah tersebut," ungkap Ginting.

 DEH juga mengakui bahwa ia telah melakukan pungutan tidak wajar tersebut terhadap 6 orang siswa yang telah mengambil ijazah, dari skitar 28 jumlah ijazah yang akan dibagikannya. (akm)