Ribuan Telur Ayam Asal Malaysia Dimusnahkan

Sanggau

Editor Angga Haksoro Dibaca : 396

Ribuan Telur Ayam Asal Malaysia Dimusnahkan
Sanggau, SP - Stasiun Karantina Pertanian (SKP) Entikong memusnahkan lebih dari 1.200 butir telur ayam asal Malaysia. Petugas Karantina juga memusnahkan 70 kilogram ayam beku dan bibit tanaman yang diduga membawa hama penyakit.  

Kepala Sub Seksi Pelayanan Operasional SKP Entikong, Khaerudin mengatakan, pemusnahan ini untuk mencegah penyebaran dan masuknya penyakit flu burung ke wilayah Indonesia.  

“Barang bukti pemusnahan didapat dari pencegahan yang dilakukan SKP Entikong, Satgas Pamtas, dan Bea Cukai di Pintu Lintas Batas Negara Entikong serta jalur tikus disekitar batas negara,” kata Khaerudin usai melakukan pemusnahan di Kantor SKP Entikong, Jumat (5/10).  

Menurut Khaerudin, saat dilakukan pencegahan, pemilik barang melarikan diri sehingga tidak dapat dilakukan penegakan hukum. Meski begitu, pemusnahan tetap dilakukan karena dikhawatirkan produk unggas tersebut terinfeksi virus penyebab flu burung.  

Meski Kalimantan Barat bebas flu burung, Khaerudin menegaskan harus tetap waspada, karena Malaysia yang berbatasan langsung dengan Kalbar dilanda wabah penyakit tersebut.  

“Kedepan kami akan terus memantau perkembangan dari lembaga internasional yang mengetahui peta penyebaran virus ini. Sejauh ini hasil koordinasi kami, Entikong dan perbatasan masih bebas flu burung tapi kita tetap harus waspada," tandasnya.   

Khaerudin menyebut, yang menjadi perhatian serius adalah masuknya produk unggas melalui jalur tikus di sekitar Pintu Lintas Batas Negara. “Jalur ini cukup rawan. Untuk pengawasan di jalur-jalur ini kami menggandeng berbagai pihak seperti Satgas Pamtas dan kepolisian.”  (jul)