Malaysia Deportasi 95 TKI Bermasalah, Ada Korban Perdagangan Orang

Sanggau

Editor Angga Haksoro Dibaca : 126

Malaysia Deportasi 95 TKI Bermasalah, Ada Korban Perdagangan Orang
Malaysia deportasi TKI
Sanggau, SP - Pemerintah Malaysia kembali mendeportasi tenaga kerja Indonesia bermasalah, Rabu (17/10). Sekitar 95 pekerja asal Indonesia tiba di Pintu Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.  

Pekerja yang dideportasi terdiri dari 13 perempuan dan 82 laki-laki. Mereka berasal dari Kalimantan Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan dan Aceh.  

“Kasus yang menjerat pekerja deportasi ini diantaranya terkait izin kerja. Ada juga yang tidak berdokumen. Kemudian ada yang melarikan diri dan dokumennya ditahan majikan,” kata Koordinator P4TKI Entikong, Victor Fernando, Kamis (18/10).  

Menurut Viktor ada juga pekerja yang terindikasi menjadi korban perdagangan orang. Mereka mengalami kekerasan fisik dan perlakuan tidak menyenangkan ketika menjalani masa tahanan di Depo Imigrasi Semuja, Sarawak, Malaysia Timur.

“Beberapa orang yang dari Aceh itu kemungkinan korban perdagangan orang. Tapi untuk lebih jelasnya, masih akan kami mintai keterangan lebih lanjut,” kata Victor. (jul)