PDAM Batang Tarang, Air Mengalir (Tak) Sampai Jauh

Sanggau

Editor Angga Haksoro Dibaca : 243

PDAM Batang Tarang, Air Mengalir (Tak) Sampai Jauh
Sanggau, SP - Distribusi air bersih ke beberapa wilayah di Kecamatan Balai (Batang Tarang), Kabupaten Sanggau sudah lama tersendat. Untuk mendapat air bersih, sejumlah warga terpaksa mengebor sumur.  

“PDAM di Kecamatan Balai sudah berusia sekitar 26 tahun lebih. Sampai saat ini belum ada rehab ringan maupun rehab berat. Untuk itu, kami minta agar Pemkab Sanggau maupun Pemprov Kalbar memperhatikan ini,” kata Anggota DPRD Sanggau, Sabinus Kimsuan, Jumat (19/10).  

Dia mencontohkan, di wilayah Desa Hilir dan Padi Kaye banyak konsumen mengeluhkan tidak mendapat air bersih. Kimsuan memperkirakan, tersendatnya distribusi air bersih ke rumah warga karena banyak pipa yang rusak dimakan usia.  

“Yang perlu sekali direhab total adalah pipanya. Di tempat saya sendiri saja sudah 9 tahun tidak bisa mengair airnya. Sekarang pakai sumur bor,” kata Sabinus Kimsuan.  

Terkait bendungan, menurut legislator Partai Hanura ini masih tergolong bagus. “Bagi saya, tidak semerta-merta menyalahkan petugas PDAM. Mereka berkerja maksimal, tapi kalau kondisi pipa PDAM yang sudah tua, bagaimana mau kerja maksimal. Satu sisi konsumen ada yang marah dengan petugas PDAM, jadi memang harus rehab berat menurut saya.”  

Kepala Bagian Teknik PDAM, Tirta Pancur Aji Sanggau, Hery Supariadi menjelaskan, terhambatnya distribusi air bersih di beberapa titik karena pipa tersumbat. “Salah satu penyebabnya karena sumber airnya banyak mengandung pasir halus,” kata Hery.  

Beberapa waktu lalu petugas PDAM Kecamatan Balai bersama masyarakat setempat dan pemadam kebakaran melakukan pembersihan pipa yang tersumbat. “Pipa yang tersumbat sudah dibersihkan dan hasilnya lumayanlah,” ujar Hery. (jul)