Tanpa Dokumen, Ratusan Kayu Ilegal Disita

Sanggau

Editor Angga Haksoro Dibaca : 114

Tanpa Dokumen, Ratusan Kayu Ilegal Disita
Dok. Tim Subdit 4 Ditres Kriminal Khusus Polda Kalbar
Ketapang, SP - Tim Subdit 4 Ditres Kriminal Khusus Polda Kalbar menggagalkan penyelundupan 152 batang kayu ilegal di Jalan Raya Toba, Sanggau, Kalimantan Barat.  

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal Polisi Didi Haryono, membenarkan penangkapan 1 unit truk bermuatan balok kayu tanpa dokumen resmi dari Kecamatan Sandai, Kabupaten Ketapang.  

Irjen Pol Didi Haryono mengatakan tidak akan berkompromi dengan para pelaku Ilegal logging. “Dampak ilegal logging sangat luas bagi lingkungan dan ekosistem. Polda Kalbar tidak akan mentolerir kejahatan ilegal ini. Hal ini sudah menjadi komitmen Polda Kalbar untuk zero tolerance dan zero illegal,” kata  Kapolda melalui siaran pers, Selasa (22/10).  

Menurut Irjen Pol Didi Haryono, kejadian bermula pada Selasa, 23 Oktober 2018 di Jalan Raya Toba Balai Bekuak, Kecamatan Toba, Kabupaten Sanggau, Tim Subdit 4 Ditreskrimsus Polda Kalbar yang dipimpin Ipda Rahmat mengamankan satu unit truk Mitsubhisi KB 9894 HE yang dikemudikan Sudarso dan kernet Budiadi.  

Tim menanyakan dokumen dan asal usul dari kayu itu. Dikarenakan tidak bisa menunjukan dokumen yang menyertai kayu tersebut, Tim langsung mengamankan sopir truk dan barang bukti kayu.  

Saat ini kayu belian 8×16 panjang 4 meter dititipkan di Mapolsek Tayan, Sanggau. “Supir dan kernetnya dibawa ke Polda Kalbar untuk proses lebih lanjut. Pelaku diduga melanggar pasal 83 ayat 1 huruf b UU Nomor 18 tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan,” kata Direskrimsus Polda Kalbar, Kombes Pol Mahyudi Nazriansyah. (*)