Pemkab Sanggau Susun Perbup BUMDes

Sanggau

Editor Angga Haksoro Dibaca : 156

Pemkab Sanggau Susun Perbup BUMDes
Sanggau, SP - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPM Pemdes) sedang mempersiapkan peraturan bupati (Perbup) tentang Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Perbup itu nantinya akan menjadi payung hukum mengelola BUMDes.  

“Keberadaan BUMDes ini menjadi penting untuk meningkatkan perekonomian desa. Namun dari 163 desa yang ada di Kabupaten Sanggau, baru 60 desa yang sudah memiliki BUMDes. Dari jumlah itu, tidak banyak yang BUMDesnya berkembang,” kata Kabid Pemdes DPM Pemdes Kabupaten Sanggau, Alian, Minggu (4/11).  

Dia menyebut, ada beberapa desa yang BUMDesnya sudah eksis. “Saya ambil contoh Desa Melobok, Kecamatan Meliau, Desa Muara, Kecamatan Sekayam dan Desa Sukagerundi, Kecamatan Parindu. Usahanya dibidang air minum, koperasi dan bidang saprodi pertanian,” kata Alian.  

Karena itu, dia berharap keberadaan Perbup nantinya menjadi pedoman bagi desa dalam membentuk dan mengelola BUMDes. “Dan pembentukan BUMDes ini juga sudah diatur dalam UU Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa dan Permendes PDTT Nomor 4 tahun 2015,” jelas Alian.  

Dalam Perbup itu nantinya, lanjut dia, pihaknya ingin ketika desa meminta penyertaan modal, tercantum dalam musyawarah desa, harus ada perdes, kemudian setiap usaha diatas Rp 50 juta harus disertai analisa teknis. “Mudah-mudahan 2019 sudah ada Perbupnya,” ujar Alian.  

Dia berharap, lahirnya Perbup tentang BUMDes akan membuat desa termotivasi dalam membentuk dan mengembangkan badan usaha. “Kita ingin BUMDes mendongkrak ekonomi di desa, memberikan pendapatan asli desa serta dapat mengembangkan potensi dan sumberdaya di desa,” tutup Alian. (jul)