Bupati Sanggau-Gubernur Bahas Waterfront dan Desa Mandiri

Sanggau

Editor Angga Haksoro Dibaca : 203

Bupati Sanggau-Gubernur Bahas Waterfront dan Desa Mandiri
Sanggau, SP - Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji berkunjung ke Kabupaten Sanggau, Senin (5/11). Kedatangan orang nomor satu di Kalbar itu disambut langsung Bupati Sanggau, Paolus Hadi.  

Dalam kunjungan kerjanya, Sutarmidji menyempatkan diri berkunjung ke Kompleks Wisata Sentana, kawasan waterfront city di dalam Kota Sanggau. Selain itu, Sutarmidji juga mengunjungi Keraton Surya Negara.  

Bupati Sanggau Paolus Hadi mengaku senang Sutarmidji datang ke Sanggau. Menurut Bupati, banyak hal yang disampaikannya kepada Gubernur terkait pembangunan di Kabupaten Sanggau.  

Diantaranya terkait pembangunan di daerah tepian Sungai Kapuas yang merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi Kalbar. Seperti pengembangan waterfront di Kompleks Wisata Sentana. “Jalur Sekayam ini juga kewenangan Gubernur,” kata Paolus Hadi.  

Selain itu, Bupati juga meminta kejelasan wewenang pembangunan ruas jalan yang menjadi tanggung jawab pemerintah provinsi atau kabupaten. “Kita ada tiga jalur. Yang pertama dari Kembayan menuju Balai Sebut. Kemudian dari Balai Sebut menuju batas Sekadau dan terakhir dari Bodok ke Meliau,” ujar Paolus Hadi.  

Bupati menambahkan, Gubernur juga berkeinginan membangun 400 desa mandiri selama pemerintahannya. “Saya sudah laporkan kalau Sanggau sudah lama membina Desa Fokus. Dengan sinergisitas dan keinginan Pak Gubernur ini semakin lengkap nanti. Apalagi Kapolres sedang menata Desa Kamtibmas, Dadim juga diminta Pangdam untuk mendorong itu. Jadi mungkin di Sanggau nanti minimal ada satu desa per kecamatan yang isinya Desa Kamtibmas, Desa Mandiri dan difokuskan. Dan menurut Gubernur mudah-mudahan ada dorongan anggaran dari pusat termasuk provinsi,” katanya.  

Kemudian lanjut Paolus Hadi, Gubernur juga akan membuat konsep supaya anak-anak mendapat dukungan dari APBD. “Setiap anak nanti ada bantuan anggarannya. Hanya ini belum final. Nanti Gubernur akan mengundang kita rapat kerja soal itu,” pungkasnya. (jul)