Minggu, 20 Oktober 2019


Bupati Minta Kadis LH Buat Konsep Taman Kota

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 42
Bupati Minta Kadis LH Buat Konsep Taman Kota

CINDERAMATA - Kadis LH Kabupaten Sanggau Didit Richardi menyerahkan cinderamata kepada pejabat lama, Basitha Ginting.

SANGGAU, SP - Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Sanggau menggelar pisah sambut pejabat lama ke pejabat baru, yaitu dari Basitha Ginting ke Didit Richardi. Seperti diketahui, Didit menggantikan posisi Basitha sebagai Kepala Dinas LH yang telah memasuki masa purnabakti atau pensiun sebagai ASN.

Acara yang digelar di Taman Sentana, Senin (7/10) itu dihadiri Bupati Sanggau Paolus Hadi dan Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot. Hadir pula Ketua TP PKK Kabupaten Sanggau Ny Arita Apolina Hadi, Ketua GOW Kabupaten Sanggau Ny Yohana Kusbariah Ontot, Ketua DWP Kabupaten Sanggau Cristiana Sri Kusumastuti, Kepala OPD Kabupaten Sanggau dan seluruh ASN dan tenaga honorer Dinas LH.

Dalam sambutannya, Bupati Sanggau Paolus Hadi (PH) mengatakan, masa-masa purnabakti akan dialami seluruh ASN. Ia kemudian, memuji kepemimpinan Basitha di Dinas LH yang menurutnya telah mencontohkan cara bekerja dengan hati.

“Pola pemimpin bermacam-macam, jadi kalian harus bisa paham. Saya atas nama pribadi, pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada ibu Basitha Ginting, saya tahu beliau betul-betul dengan hatinya menjadi Kadis Lingkungan Hidup,” ucapnya.

Bupati dua periode lantas bicara soal kebersihan. Ia berharap, apa yang sudah dilakukan pejabat lama dapat dilanjutkan dan bahkan ditingkatkan oleh pejabat baru. Sehingga, ketika orang datang ke Sanggau, kesan pertamanya adalah Sanggau paling bersih dari wilayah lain.

“Bagaimana mendorong masyarakat ikut terlibat. Sehingga menjadi tantangan bagaimana kita sudah tidak lagi menyapu atau menebas rumput di depan rumah orang. Artinya, bagimana kita bisa mengajak masyarakat untuk bisa menjaga lingkungan, bisa membantu para petugas kebersihan kita,” ujar PH.

Pada kesempatan itu, Bupati menaruh harapan besar kepada pejabat baru agar bisa berinovasi dalam membuat taman kota yang menarik. “Terkait kebersihan, para petugas sudah bagus. Hanya saja bagaimana ke depan untuk bisa memikirkan dan membuat model baru dari taman kota Sanggau. Ilmu itu ada di pak Didit selaku Kadis LH yang baru,” imbuhnya.

Lalu seperti apa sosok Basitha di mata bawahannya? Kabid Pertamanan Dinas LH Priyono menyebut, Basitha adalah sosok yang tegas, apa yang diperintahkan sesuai dengan tupoksi. “Berkah bagi kami yakni mendapat bimbingan dari ibu dan masukan yang diberikan merupakan bekal untuk kami sebagai generasi baru. Pensiun bukanlah sebagai pemutus kita, akan tetapi kami berharap tetap terjalin silahturahmi. Mudah-mudahan ilmu yang diberikan kepada kami bisa bermanfaat di kemudian hari,” ucapnya.

Senada disampaikan Kabid Lingkungan Hidup Dinas LH H Najmi. Bahkan ia melabeli Basitha dengan istilah BTL.

“Ada tiga huruf untuk ibu Basitha, yaitu BTL. B itu baik, T itu tegas, apa yang diperintahkan sesuai dengan aturan dan prosedur, tidak neko-neko serta tidak semena-mena. Dan terakhir itu L yaitu lancar, beliau selalu memberikan kemudahan segala urusan kepada stafnya,” ucapnya.

Seperti diketahui Basita Ginting mulai mengabdi sebagai Kadis LH sejak 1 Januari 2017. Di hadapan para tamu undangan, ia menyebut dirinya termasuk kepala dinas yang cerewet.

“Saya mungkin termasuk Kadis yang cerewet, tapi saya tahu diri juga dan memiliki tujuan untuk ketegasan dan kemandirian. Saya mohon maaf kepada bapak-bapak dan teman-teman di lapangan, bukan saya cerewet, ini demi kebaikan kerjaan kita semuanya,” ucap Basitha.

Hal itu, lanjut dia, dilakukan agar semua bisa bekerja sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing. “Saya juga bangga bahwa anak honor Dinas LH Kabupaten Sanggau bisa masuk menjadi anggota kepolisian. Dan ini juga merupakan buah dari apa yang saya perbuat untuk mereka,” tutur Basitha.

Sementara itu, Kadis Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Sanggau Didit Richardi mengucapkan terima kasih kepada seluruh bawahannya yang telah menyiapkan acara pisah sambut, sehingga bisa terlaksana dengan baik.

“Acara ini di luar perkiraan saya, ketika memimpin apel perdana di Dinas LH diinformasi bahwa akan dilaksanakan acara pisah sambut. Terima kasih atas kerja keras dari bapak dan ibu yang sudah menyiapkan acara ini. Semoga saya bisa mengemban amanah sebagai Kepala Dinas LH. Saya pastikan akan ada perubahan soal lingkungan hidup,” ucapnya.

Didit bercita-cita, ada alat untuk pengukur kualitas udara dan sebagai pionirnya di kantor Bupati Sanggau.

“Karena salah satu kinerja dari Dinas LH yakni mempunyai pengukur kualitas udara, supaya kita bisa mengukur kualitas udara khususnya di Kabupaten Sanggau ini,” ujarnya.

Didit menyebut, gaya kepemimpinan Ontot yang bergerak cepat dan bersih menjadi tantangannya ke depan.

“Minimal saya tidak jauh dari langkah beliau (Wabup) dan ini merupakan tantangan yang harus saya jawab dan perbaikan. Jangan sampai tertinggal dari OPD-OPD yang lain,” katanya.

Diakhir sambutannya, Didit menyampaikan terima kasih kepada Basitha atas bimbingannya selama di Dinas LH. “Dan selamat jalan dan selamat menjalani masa pensiunnya,” pungkasnya. (jul)