Jumat, 06 Desember 2019


46 Petinju Amatir Ramaikan Dandim Cup I

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 63
46 Petinju Amatir Ramaikan Dandim Cup I

PEMBUKAAN - Pembukaan Kejuaraan Tinju Amatir Dandim Cup Ke-1 Tahun 2019 di GOR Indoor Balai Betomu Sanggau, Rabu (27/11) malam. IST

SANGGAU, SP - Kejuaraan Tinju Amatir Dandim Cup ke-I tahun 2019 dibuka secara resmi oleh Bupati Sanggau Paolus Hadi, Rabu (27/11) malam. Kejuaraan tinju yang dipusatkan di GOR Indoor Balai Betomu Sanggau ini diikuti 46 petinju amatir dari 6 kabupaten di Kalimantan Barat.

Pada kesempatan itu, Paolus mengapresiasi gelaran kejuaraan tinju amatir yang baru pertama kali diselenggarakan di Kabupaten Sanggau. 

“Saya senang bisa hadir di Kejuaraan Tinju Amatir Dandim Cup Ke-1 ini. Dan tahun 2021 jika serius kami siap (menjadi tuan rumah Kejurnas tinju),” ucapnya.

Bupati dua periode ini menyebut, olahraga menjadi bagian penting dari Kabupaten Sanggau, karena berkaitan dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati. 

“Saya ingin Sanggau sehat, saya ingin Sanggau yang bermartabat. Artinya punya harga diri, salah satu yang harus kita kuatkan adalah dari sisi olahraga,” ujar Paolus.

Paolus yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sanggau ini juga mengaku senang Forkopimda kompak untuk menyelenggarakan kegiatan olahraga. 

“Sebelumnya di HUT Adhyaksa, Kejari Sanggau membuat even tenis meja, dan baru-baru ini Kapolres Sanggau membuat kejuaraan bola voli. Nah ini saatnya Pak Dandim, beliau bilang saya, saya mau buat tinju Dandim Cup,” tuturnya.

Sekretaris Pertina Kalbar Ramli Ramlan yang hadir pada acara pembukaan mengaku sudah berbisik-bisik dengan Bupati Sanggau setelah PON agar Sanggau bersedia jadi tuan tumah Kejurnas tinju tahun 2021 untuk wilayah tengah dan wilayah barat.

Sementara itu, Dandim 1204/Sanggau yang diwakili Mayor Inf Arman S mengatakan, kejuaraan tinju amatir ini bentuk partisipasi Kodim 1204/Sanggau dalam memilih bibit-bibit baru, menyiapkan generasi muda untuk bisa berkontribusi kepada bangsa dan negara melalui olahraga. 

“Kejuaraan ini penting untuk menumbuhkan semangat olahraga khususnya tinju, sehingga para peserta bisa mengetahui kemampuanya,” ucapnya.

Melalui kejuaraan tinju amatir ini, Arman berharap, pembinaan generasi muda dapat berkesinambung serta muncul bibit atlet baru yang bisa berbicara pada even yang lebih tinggi lagi.

“Dan semoga memberikan manfaat bagi masyarakat dan bangsa, dapat meningkatkan kebersamaan antara TNI dan masyarakat dalam menjaga kemanunggalan TNI dengan masyarakat. Kejuaraan ini salah satu bentuk komunikasi sosial TNI dengan masyarakat dalam rangka memperkuat ketahanan nasional dan jiwa nasionalisme,” timpalnya.

Ketua Pertina Kabupaten Sanggau Kristina Ida mengatakan, kejuaraan ini rencananya akan dilaksanakan setiap tahun atau menjadi agenda rutin Pertina Kabupaten Sanggau. 

“Untuk bisa KONI ketahui bahwa kejuaraan ini akan dilaksanakan pada bulan Oktober atau November setiap tahun. Mudah-mudahan tidak berbenturan dengan agenda Pengcab lain,” pungkasnya.

Hadir dalam acara pembukaan Ketua KONI Sanggau Ibrahim, Kapolres Sanggau AKBP Imam Riyadi, Kejari Sanggau Tengku Firdaus, Anggota DPRD Provinsi Kalbar Marten Luter, Direktur PDAM Sanggau Yohanes Andriyus Wijaya, pengurus Pertina Kayong Utara, Pertina Landak, Pertina Melawi, Pertina Kubu Raya, Pertina Sintang, perwakilan perbankan, perwakilan PT Antam Tbk UBPB Kalbar dan undangan lainnya. 

Ketua Panitia Kejuaraan Tinju Dandim Cup Ke-1 Herkulanus Rudi mengatakan, kejuaraan ini tinju amatir ini mempertandingkan 11 kelas dengan jumlah atlet sebanyak 46 petinju. Para petinju amatir ini berasal dari Kubu Raya, Landak, Sintang, Kayong Utara, Melawi, dan Sanggau sebagai tuan rumah. 

“Memperebutkan 11 medali emas, 11 medali perak dan 22 medali perunggu. Panitia juga menyediakan piala bagi juara umum, petinju terbaik atau favorit serta uang pembinaan bagi juara 1, 2 dan 3. Kejuaraan ini berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 27-29 November 2019,” katanya.

Rudi menyebut, kejuaraan ini sebagai ajang promosi untuk menumbuhkan animo generasi muda agar tertarik dan mau mengeluti olahraga tinju. “Namun demikian prestasi para atlet juga menjadi yang utama. Kejuaraan ini merupakan kejuaraan yang diperuntukan bagi atlet tinju pemula yang belum pernah bertanding, baik tingkat provinsi maupun tingkat nasional atau even-even lainya,” tutupnya. (jul)