Minggu, 26 Januari 2020


Butuh 6 Jam Bersihkan Sampah di Pasar Sayur Sosok

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 76
Butuh 6 Jam Bersihkan Sampah di Pasar Sayur Sosok

BERSIHKAN - Petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau membersihkan sampah yang menumpuk di Pasar Sayur Sosok, Kecamatan Tayan Hulu, Selasa (7/1) lalu. SUARA PEMRED/JULIANUS RATNO

SANGGAU, SP - Setelah dikeluhkan masyarakat, tumpukan sampah di Pasar Sayur Sosok, Kecamatan Tayah Hulu akhirnya diangkut dan dibersihkan, Selasa (7/1). Karena volume sampah yang begitu banyak, proses bersih dan angkut membutuhkan waktu sekitar enam jam, dimulai dari pukul 09.00 hingga 15.00 Wib.

“Kemarin kita sudah mengirim dua unit dump truck dan 12 personel untuk membantu personel dan satu mobil milik kecamatan untuk membersihkan dan mengangkut sampah di Pasar Sayur Sosok,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau Didit Richardi,” Rabu (8/1).

Dihubungi terpisah, Plt Camat Tayan Hulu Manudi menyebut, tumpukan sampah tersebut telah diangkut dan dibersihkan. 

“Alhamdulillah sudah terangkut. Dapat bantuan tenaga serta angkutannya dari Kadis LH Sanggau,” katanya melalui pesan Whats App.

Tumpukan sampah tersebut menurutnya berasal dari sampah masyarakat dan para pedagang yang ada di luar. Untuk membersihkan dan mengangkut sampah tersebut, diakui Manudi, pihaknya terkendala personil yang hanya tiga orang dan mobil angkutan sampah yang dimiliki kecamatan hanya satu.

“Mobilnya (angkutan sampah) sudah dimakan usia, sehingga sering rusak. Saya sampaikan dan berharap Kadis LH segera memberi bantuan Angkutan mobli sampah. Saya berharap agar diproritaskan untuk Kecamatan Tayan Hulu dibantu kendaraan angkutan sampah,” harapnya.

Permohonan tambahan mobil angkutan itu, lanjut Manudi, sudah berkali-kali diajukan. Namun sampai saat ini belum terealisasi. 

“Kemarin saya juga sampaikan kepada Kasi Kebersihan, permohonan untuk tahun 2020 ini dapat di realisasikan. Jawabannya (Kasi Kebersihan), akan disampaikan ke Kadisnya,” tutupnya. (jul)