Langganan SP 2

DAD Sekadau Apresiasi Vaksinasi Cegah Rabies

Sekadau

Editor sutan Dibaca : 745

DAD Sekadau Apresiasi Vaksinasi Cegah Rabies
Petugas Distantanak Sekadau memberikan vaksin kepada anjing peliharaan warga, guna mencegah terjangkit virus rabies. (suara pemred/ akhmal setiadi musran)
SEKADAU, SP – Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Sekadau melakukan vaksinasi rabies terhadap sejumlah hewan, khususnya anjing milik warga. Kegiatan guna mencegah penyebaran penyakit rabies ini, dilaksanakan secara door to door di kawasan kota kabupaten, Jumat (15/4).

Terkait kegiatan ini, Ketua Harian Dewan Adat Dayak (DAD) setempat Welbertus Willy, menyambut baik kegiatan. Dia juga meminta warga harus proaktif agar hewan peliharaan milik mereka dapat divaksinasi oleh dinas terkait.

“Apalagi, jika ada hewan yang terindikasi rabies tentu yang paling rawan adalah tuan nya, karena yang paling dekat dengan peliharaannya,” katanya.

Dia juga meminta agar program ini disosialisasikan secara tepat. “Agar siap, kalau minim sosialisasi jangan salahkan warga yang tidak tahu,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Distankanak setempat, Sabas mengatakan, vaksinasi tergantung permintaan. “Jika ingin hewannya divaksinasi silahkan ajukan ke kami. Meski ada permintaan sampai pelosok. Tapi dengan catatan sudah siap dan jangan ada yang lolos,” ujarnya.

Mengenai hewan liar yang akan ditembak mati, Sabas mengatakan hal itu hanya dilakukan jika terjadi rabies.

Untuk saat ini, Sekadau masih bebas penyakit tersebut. “Tapi upaya antisipasi tetap harus dilakukan. Apalagi daerah-daerah perbatasan dengan daerah lainnya. Itu tetap diantisipasi,” ungkapnya.

Mengenai jumlah vaksin, Sabas mengatakan sudah disiapkan. Saat ini masih mencukupi. Jika banyak permintaan akan ditambah. “Vaksinasi ini gratis tidak dipungut biaya,” tandasnya. (akh/and)