Jaksa Gadungan di Kabupaten Sekadau Ditangkap

Sekadau

Editor sutan Dibaca : 1384

Jaksa Gadungan di Kabupaten Sekadau Ditangkap
Jaksa gadungan berinisial J. (akhmal setiadi musran)
SEKADAU, SP - Seorang warga Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir berinisial J yang juga berprofesi sebagai petugas keamanan kantor DPRD Sekadau, terpaksa diamankan aparat polres setempat, akibat ulahnya menipu dan memeras warga dengan mengaku sebagai seorang Jaksa.

Modus operandi yang dilancarkan oleh J, mengaku sebagai pegawai dari Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Sekadau. Kemudian dia mendatangi keluarga sejumlah orang yang tengah bermasalah dengan hukum.

Sayang, sejumlah korban J menolak identitasnya dipublikasikan. Beberapa korban jaksa gadungan, yakni keluarga tersangka kasus narkoba yang belum lama ini ditangkap polisi, serta keluarga tersangka kasus korupsi yang tengah diproses hukum.

Selain itu, anggota keluarga beberapa tersangka kasus kriminalitas lainnya.  “Saya mengetahui kasus ini setelah mendapat informasi langsung dari anak buah saya,” ujar Kepala Kejaksaan Negeri Sekadau, Sukardi yang membenarkan adanya kasus penipuan dengan mencatut nama kejaksaan itu.

Sukardi sangat menyayangkan ulah J, lantaran merayu para korban dapat mempermudah penanganan kasus hukum dengan membayar sejumlah uang. Tentunya menurut dia, kejadian ini merusak nama baik instansinya.

Dia mengimbau kepada seluruh warga agar tidak mudah percaya dengan oknum-oknum yang mengaku pegawai kejaksaan. “Kalau ada yang berlaku demikian, mohon untuk mengkonfirmasi langsung kepada pihak kejaksaan. Sebab tidak mustahil itu adalah penipu,” jelasnya.

Sementara itu, pihak kepolisian sejauh ini masih mendalami kasus dengan penyelidikan intensif. Kasus ini akan menjadi fokus aparat, agar tidak merembet menelan korban lainnya. (akh/and)