Langganan SP 2

Disdik Sekadau Ancam Pelaku Jual Beli Kunci Jawaban UN

Sekadau

Editor sutan Dibaca : 771

Disdik Sekadau Ancam Pelaku Jual Beli Kunci Jawaban UN
Suasana hari pertama pelaksanaan UN tingkat SMP/sederajat 2016 Kabupaten Sekadau. (Suara pemred / akhmal setiadi musran)
SEKADAU, SP – Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Tingkat SMP Sederajat Tahun Pelajaran 2015-2016 hari pertama di Kabupaten Sekadau, berjalan lancar, Senin (9/5).

Sejumlah petinggi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora)
Sekadau bersama tim Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) dan Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat turun langsung meninjau pelaksaan di sekolah-sekolah penyelengara.

Kadisdik Sekadau, Djemain Burhan mengatakan pelaksaaan UN SMP diikuti tujuh subrayon di tujuh kecamatan dengan sekolah penyelenggara sebanyak 34 sekolah dari 66 SMP.

Lima Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang menyelenggarakan ujian paket B. Peserta UN SMP sebanyak 3.229 pelajar,” ujarnya.

Dirinya juga mengingatkan agar peserta UN menjaga kesehatan, serta belajar dengan baik. orangtua harus turut mengawasi anaknya untuk mempersiapkan diri menghadapi UN.

“Kita juga imbau agar guru maupun siswa tidak mudah terpengaruh dengan kunci jawaban yang beredar atau diperjualbelikan.
Sanksi hukum akan menjerat jika terbukti terlibat jual beli kunci jawaban,” papar Djemain.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Sekadau Hilir, Albinus mengatakan, dengan penjagaan
tiga orang anggota polisi dari Polres Sekadau, UN di sekolahnya berlangsung tertib.

"Semua peserta semuanya mengikuti UN
. Hari pertama aman dan lancar, tidak ada kendala berarti saat siswa-siswi kita menjawab soal yang telah disediakan," ujarnya.


Sebelum mengerjakan soal ujian,
lanjutnya, para siswa dengan dipimpin para guru melakukan doa bersama. Dengan harapan agar dalam mengerjakan soal-soal diberikan kemudahan dan kelancaran.

"Agar pelaksanaan UN berjalan lancar dan sukses. Selain itu kepada pemantau UN diminta untuk tidak keluar
-masuk kelas karena akan menganggu konsentrasi siswa mengerjakan soal-soal ujian," pintanya.

Tak Terindikasi Kecurangan

Kepala Bagian Operasional Kepolisan Resor Sekadau, Kompol Oon Sudarman mengatakan, pihaknya menerjunkan sebanyak 101 personel untuk mengamankan soal dan jalanya pelaksanaan UN.

“Personel juga melakukan pengamanan soal-soal UN yang sudah didistribusikan ke sekolah-sekolah,” ungkapnya.

Untuk hari pertama UN, belum mendapatkan laporan adanya temuan dan indikasi kecurangan dalam pelaksaan dari personel yang melakukan pengamanan. “Semoga saja pelaksaan UN berlangusung tertib dan kondusif,” ucapnya.


Sementara itu, Pelaksana harian Kepala Bidang Pendidikan Menengah Disdik Sekadau, Empani menjelaskan, peserta UN sebanyak 3.229 pelajar dari 66 sekolah.


 Rincian peserta UN di masing-masing sekolah negeri dan  swasta, antara lain SMP negeri sebanyak 2.649 pelajar yang terdiri dari peserta laki-laki 1.323 pelajar, dan peserta perempuan 1.326 pelajar.

SMP swasta sebanyak 340 pelajar terdiri dari peserta laki-laki 157 pelajar
, dan peserta perempuan 183 pelajar. MTS negeri sebanyak 121 pelajar terdiri dari peserta laki-laki, 59 pelajar dan peserta perempuan 62 pelajar.

MTS
swasta sebanyak 199 pelajar terdiri dari peserta laki-laki 70 pelajar, peserta perempuan 49 pelajar. “Total seluruh peserta UN SMP Sekadau laki-laki 1.609 pelajar dan perempuan 1.620 pelajar,” terangnya. (akh/and)