Jalan Poros Balai Sepuak, Sekadau Ditanami Tebu

Sekadau

Editor sutan Dibaca : 1338

Jalan Poros Balai Sepuak, Sekadau Ditanami Tebu
Warga tanam tebu pada ruas jalan yang rusak di Kecamatan Belitang Hulu. (akhmal setiadi musran)
SEKADAU, SP – Kondisi ruas jalan poros Balai Sepuak, Kecamatan Belitang Hulu, Kabupaten Sekadau, kondisinya rusak parah. Alhasil, warga pun menanami jalan itu dengan tebu sejak Jumat (6/5).

Jalan yang rusak memaksa alat berat menarik mobil yang amblas. Evakuasi dilakukan agar kendaraan lain dapat melintas. Among (52), warga setempat mengakui, kerusakan tersebut semakin parah saat hujan turun.

"Kalau sudah hujan pasti berlumpur. Kendaraan ada yang amblas, pas amblas di tengah jalan terpaksa kendaraan lain juga harus ngantre hingga mobil itu dievakuasi," ujarnya, Senin (9/5).

Mengenai tebu yang ditanam oleh warga di jalan, Among mengatakan, hal itu dilakukan lantaran jalan tersebut tak kunjung diperbaiki. "Gerimis saja jalan sudah licin, apalagi hujan. Biasa harus antre dulu," ucapnya.

Sementara itu, Hendra, seorang supir mengatakan, kondisi tersebut membuat mereka harus berhati-hati. "Kalau ada yang amblas, mau tidak mau harus mengantre dulu. Pandai-pandai mencari celah agar bisa lewat. Kalau tidak bisa, tunggu hingga mobil yang amblas dievakuasi," ujarnya.


Untuk itu, mereka berharap jalan itu segera diperbaiki supaya memudahkan mereka melewati jalan tersebut. "Kalau bawa barang seperti kami ini, tentu kalau antre memaksa menambah biaya lagi. Harapannya tentu ada perhatian agar kondisi jalan ini segera diperbaiki," tandasnya.

Terpisah, Kabid Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum dan Pertambangan Sekadau, Hery Handoko mengatakan, saat ini proses lelang sedang berlangsung. Dikatakannya, setidaknya perbaikian jalan akan dilakukan di tiga kecamatan dengan anggaran puluhan miliar rupiah.(akh/and)