Sekadau Raih Opini WTP Empat Kali Berturut-Turut

Sekadau

Editor sutan Dibaca : 761

Sekadau Raih Opini WTP Empat Kali Berturut-Turut
ILUSTRASI (totabuan.co)
SEKADAU, SP – Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Sekadau, akan terus meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mengelola keuangan di berbagai bidang. Hal ini menindaklanjuti predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pengelolaa pelaporan keuangan daerah, yang keempat kalinya diraih daerah tersebut.

Kepala BPKAD, Iwan Karantika mengutarakan, kiat-kiat dalam mendapatkan WTP secara teknis yaitu peningkatan SDM dalam pengelolaa keuangan daerah secara terus menerus.

Lalu koordinasi dan komitemen seluruh SKPD, dan dukungan dari pimpinan daerah.
"Tahun ini Sekadau berbeda dari kabupaten / kota lainnya, karena diperikasa oleh akuntan publik dan BPK laporan keuangan di 2015 ini. Dan satu-satunya yang menyajikan kembali (restartement) laporan keuangan tahun 2014," ungkapnya.

Ke depan, pihaknya juga akan memperbaiki perlakuan akutansi. "Kami akan membangun sistem layanan aduan dari masyarakat, sehingga kegiatan yang terjadi. Terutama laporan dari dana hibah," katanya.

Sebelumnya, Sekadau kembali mendapat predikat WTP. Tercatat sejauh ini daerah itu telah mengantongi predikat tersebut sejak 2012 hingga 2015.


Sekretaris Daerah setempat, Yohanes Jhon mengatakan, predikat ini berkat sinergisitas Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan seluruh stakeholder yang berkaitan.
“Ini memang bukan pekerjaan yang mudah, tapi harapannya ke depan bisa dilanjutkan dan lebih baik lagi,” harapnya.

Atas keberhasilan ini, Bupati Sekadau, Rupinus menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada penyelenggara pemerintahan, terutama dalam hal tata kelola keuangan daerah yang transparansi dan akuntabilitas.

“Penghargaan ini harus menjadi motivasi,” tegasnya. (akh/and/sut)